Pengaruh prestasi belajar aqidah akhlak terhadap perilaku saling menghargai siswa kelas VI di MI Negeri Bugangin Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2016/2017

Najih, Muhammad Ainun (2017) Pengaruh prestasi belajar aqidah akhlak terhadap perilaku saling menghargai siswa kelas VI di MI Negeri Bugangin Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_133911070_Muhammad_Ainun_Najih]
Preview
Text (Skripsi_133911070_Muhammad_Ainun_Najih)
133911070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hilangnya perilaku antar sesama khususnya para peserta didik di MI Negeri Bugangin. Tidak sedikit siswa yang belum melaksanakan perilaku akhlakul karimah. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya peserta didik yang masih memanggil nama temannya dengan panggilan yang tidak sesuai dengan nama aslinya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian sebanyak 16 responden dengan menggunakan teknik semua populasi.

Perhitungan dari rxy diperoleh sebesar 0,510> 0,497 pada taraf signifikan 5%. Setelah itu diadakan uji hipotesis melalui thitung, hasil yang diperoleh dikonsultasikan pada ttabel, diketahui bahwa thitung = 2,217 dan ttabel 5% = 1,761, maka thitung > ttabel sehingga antara variabel X dan variabel Y memiliki korelasi dan signifikan. Selanjutnya dari hasil perhitungan regresi juga menunjukkan hasil yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari analisis regresi linier sederhana. Pada taraf signifikansi 5% diperoleh harga Ftabel = 4,60 dan harga Freg = 4,91. Jika dibandingkan maka harga Freg > Ftabel. Koefisien determinasi yang dihasilkan adalah r2=0,2598.
Sehingga dapat disimpulkan Hal ini menunjukkan bahwa perilaku saling menghargai siswa kelas VI di MI Negeri Bugangin Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2016/2017 25,98% dipengaruhi oleh prestasi belajar Aqidah Akhlak.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan untuk memperkaya khasanah ilmiyah serta masukan bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; Aqidah akhlak; Perilaku saling menghargai; Pendidikan islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 27 Sep 2018 00:25
Last Modified: 12 Jun 2021 02:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8317

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics