Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan media flash card terhadap kemampuan problem solving pada mata pelajaran matematika materi pecahan siswa kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2016/2017

Nurrani, Ristania (2017) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan media flash card terhadap kemampuan problem solving pada mata pelajaran matematika materi pecahan siswa kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_133911016_Ristania_Nurrani]
Preview
Text (Skripsi_133911016_Ristania_Nurrani)
133911016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan media flash card terhadap kemampuan problem solving siswa. Skripsi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan berpengaruh atau tidaknya model pembelajaran kooperatif dengan media flash card terhadap kemampuan problem solving siswa kelas IV materi pecahan di MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang yang terdiri dari dua kelas. Kelas IV A terdiri dari 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B terdiri dari 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes untuk mendapatkan data prestasi belajar siswa dan metode dokumentasi untuk memperoleh jumlah dan nama-nama siswa serta memperoleh data nilai ulangan harian semester 1.
Dalam uji hipotesis, peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% thitung = 2,014 dan ttabel = 1,674. Karena thitung > ttabel, maka prestasi dalam kemampuan problem solving siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan media flash card lebih baik dari siswa yang menggunakan metode konvensional.
Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 76,285 dan kelas kontrol = 71,778. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam kemampuan problem solving siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan media flash card dari pada kemampuan problem solving siswa yang menggunakan metode konvensional pada materi pecahan kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,11 atau dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan media flash card terhadap kemampuan problem solving berpengaruh sebesar 11%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Media pembelajaran; Flash card; Pembelajaran matematika; Pecahan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 27 Sep 2018 00:38
Last Modified: 12 Jun 2021 02:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8324

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics