Hubungan antara persepsi siswa terhadap perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak tahun pelajaran 2017/2018

Habibah, Mu’minatul (2018) Hubungan antara persepsi siswa terhadap perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of full skripsi.pdf]
Preview
Text
full skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dari 30 peserta didik kelas V. teknik yang digunakan angket dan tes. Metode angket digunakan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap perhatian orang tua siswa kelas V sedangkan metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPS materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di indonesia. Penelitian ini berdasarkan dari data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Dari uji korelasi product moment diketahui bahwa perhitungan rxy= 0,160 < rtabel dengan taraf signifikan 5% = 0,361. Hasil ini menunjukkan bahwa antara kedua variable tidak memiliki korelasi, karena rxy < rtabel. Sehingga dapat dikatakan bahwa hubungan antara persepsi siswa terhadap perhatian orang tua tidak mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar IPS materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Athfal Wedung Demak Tahun Pelajaran 2017 / 2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa; Perhatian orang tua; Hasil belajar; Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 26 Dec 2018 08:17
Last Modified: 29 May 2021 04:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8858

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics