Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi bangun ruang kelas VIII SMP Negeri 2 Pabelan tahun pelajaran 2016/2017

'Ammar, Muhammad Fadhilah (2017) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada materi bangun ruang kelas VIII SMP Negeri 2 Pabelan tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 133511104.pdf]
Preview
Text
133511104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada Materi Bangun Ruang kelas VIII SMP Negeri 2 Pabelan Tahun Pelajaran 2016/2017. Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi tentang komunikasi matematis siswa yang rendah. Pada materi bangun ruang, peserta didik belum bisa menyatakan argumennya dengan baik meskipun sebenarnya mereka telah memiliki ide dan gagasan dalam pikiran mereka. Selain itu peserta didik mengalami kesulitan dalam menginterpretasikan suatu permasalahan dalam bentuk gambar. Ketika diberikan soal cerita, peserta didik kesulitan untuk menerjemahkan kalimat yang ada pada soal menjadi bentuk model matematika. Selain itu, peserta didik cenderung menuliskan jawaban tanpa memperhatikan kejelasan dan sistematika dalam penulisan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan bentuk Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pabelan. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan rata-rata nilai pada kelas eksperimen 78,2903 dan rata-rata nilai kelas kontrol 69,5667. Sehingga hasil perhitungan data penelitian diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Think Talk Write; Komunikasi matematis Komunikasi matematis; Pembelajaran matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Apr 2019 05:26
Last Modified: 20 May 2021 04:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9279

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics