Pengaruh penggunaan modul fisika bercirikan integrasi sains dan Islam terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI materi momentum impuls dan tumbukan di MA Hidayatul Mubtadiin Sayung Demak

Nurjanah, Siti (2018) Pengaruh penggunaan modul fisika bercirikan integrasi sains dan Islam terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI materi momentum impuls dan tumbukan di MA Hidayatul Mubtadiin Sayung Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of 133611051.pdf]
Preview
Text
133611051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan modul fisika bercirikan integrasi sains dan Islam terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MA Hidayatul Mubtadiin Sayung Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test and pro-test one group design. Data penelitian ini didapatkan dari hasil pretest (sebelum diberi perlakuan) dan posttest (setelah diberi perlakuan berupa penggunaan modul fisika bercirikan integrasi sains dan Islam). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis siswa. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis Regresi linier sederhana. Berdasarkan perhitungan uji regresi sederhana untuk pengaruh X terhadap Y didapatkan hasil perhitungan a = 44,41, b = 0,56. Persamaan regresinya adalah Y=44,41+0,56X dengan Y merupakan prediksi skor siswa dalam nilai kemampuan berpikir kritis siswa dan X adalah skor pengaruh modul fisika bercirika integrasi sains dan Islam. Hasil perhitungan Uji regresi sederhana untuk pengaruh X terhadap Y dalam Hasil belajar kognitif siswa didapatkan hasil Fhitung > Ftabel (501,57 > 5,53), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan modul fisika bercirikan integrasi sains dan Islam terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Integrasi sains dan Islam; Kemampuan berpikir kritis; Pembelajaran fisika
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 26 Apr 2019 12:54
Last Modified: 26 Apr 2019 12:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9337

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics