Pola peningkatan mutu pembelajaran biologi berbasis manajemen kurikulum di madrasah aliyah

Khoiri, Nur Pola peningkatan mutu pembelajaran biologi berbasis manajemen kurikulum di madrasah aliyah. In: Seminar. (Unpublished)

[thumbnail of Nur_Khoiri_Makalah_Manaj_Mutu_(Prosiding).pdf]
Preview
Text
Nur_Khoiri_Makalah_Manaj_Mutu_(Prosiding).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (115kB) | Preview

Abstract

Madrasah dikenal sebagai lembaga pendidikan yang mengintegrasikan pendidikan umum dan keagamaan. Madrasah Aliyah NU Banat Kudus merupakan madrasah yang memiliki prestasi membanggakan, baik akademik dan non akademik. Madrasah ini mengkhususkan pada peserta didik putri. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum nasional, kurikulum kementerian Agama, dan kurikukum lokal. MA NU Banat Kudus mengajarkan kitab kuning dan keterampilan khusus kewanitaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis mengenai pola peningkatan mutu pembelajaran biologi dengan berbasis penguatan manajemen kurikulum di Madrasah Aliyah NU Banat Kudus. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan menambah pengetahuan tentang manajemen kurikulum sebagai landasan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran biologi di Madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologis, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan Focus Group Discussion. Sumber data pada penelitian diantaranya kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, guru biologi dan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). . Temuan penelitian menunjukkan bahwa pertama implementasi manajemen kurikulum di MA NU Banat Kudus empat aspek meliputi; (1), perencanaan kurikulum Biologi dibahas dalam musyawarah Guru Mata Pelajaran dengan menghadirkan tim kurikulum, komite madrasah, dan guru Biologi. (2) pengorganisasian kurikulum biologi, mata pelajaran biologi dikelompokkan ke dalam mata pelajaran IPA. (3) pelaksanaan kurikulum biologi, terlebih dahulu kepala madrasah memngembangkan kemampuan guru Biologi dengan mengadakan PKG bagi guru Biologi serte mendelegasikan guru Biologi untuk mengikuti BIMTEK Biologi. Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajaran Biologi, Guru Biologi menyiapkan kerangka pembelajaran atau RPP yang mengacu pada Indikator dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. (4) Evaluasi Kurikulum Biologi dilaksanakan melalui dua periode yaitu: (a) periode tahun pelajaran baru, dalam rapat ini, kepala madrasah menghadirkan semua pihak madrasah yang berperan dalam pengelolaan pendidikan (b) periode semester, dalam rapat ini kepala madrasah melibatkan guru mata pelajaran Biologi, tim kurikulum, dan komite madrasah.. Kedua manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pembelajaran biologi dengan melihat beberapa prinsip diantaranya prinsip relevansi yaitu kurikulum memiliki keterkaitan dengan kebutuhan masyarakat, prinsip fleksibilitas yaitu program pembelajaran yang terencana dilaksanakan secara fleksibel selama proses belajar mengajar dilakukan secara berkesinambungan, prinsip Kontinuitas artinya kurikulum dikembangkan secara berkesinambungan meliputi kesinambungan antarkelas maupun antarjenjang pendidikan tujuannya agar proses pembelajaran siswa dapat maju secara sistematis, prinsip efisiensi yaitu proses belajar mengajar dilakukan sesuai dengan jadual yang ditentukan. Dan prinsip efektivitas yaitu manajemen kurikulum pendidikan biologi yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi kurikulum dapat membawa hasil yang bermanfaat bagi Madrasah

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Mutu pembelajaran biologi; Manajemen kurikulum; Madrasah aliyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Prosiding/Conference paper
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Mar 2019 04:09
Last Modified: 25 Mar 2019 04:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9455

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics