Efektivitas penerapan metode reading aloud terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi pokok surah Al-Takāṡur kelas III MI Sunniyah 1 Selo Tawangharjo Grobogan tahun pelajaran 2018/2019

Nurhasanah, Laily (2018) Efektivitas penerapan metode reading aloud terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi pokok surah Al-Takāṡur kelas III MI Sunniyah 1 Selo Tawangharjo Grobogan tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya metode reading aloud terhadap kemampuan membaca surah al-Takāṡur pada siswa kelas III MI Sunniyah 1 Selo Tawangharjo Grobogan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan eksperimen. Populasi pertama berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi kedua berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode reading aloud.
Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 78,91 dan kelas kontrol = 74,39. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil uji t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 2,24 > 1,669. Dari hasil pengujian menandakan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an surah al-Takāṡur menggunakan metode reading aloud lebih efektif pada kelas eksperimen dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan data normal gain kemampuan membaca Al-Qur’an pada materi surah al-Takāṡur, diketahui siswa keefektifan kemampuan membaca Al-Qur’an pada kelas eksperimen mengalami peningkatan 30% siswa dalam kategori sedang dan kelas kontrol mengalami peningkatan 18% siswa dalam kategori rendah.
Hasil penelitian diperoleh bahwa metode reading aloud efektif digunakan untuk pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap kemampuan membaca surah al-Takāṡur di MI Sunniyah 1 Selo Tawangharjo Grobogan Tahun 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pemeblajaran; Reading aloud; Kemampuan membaca Alquran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 13 Jul 2019 02:34
Last Modified: 29 May 2021 07:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9773

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics