Bentuk-bentuk layanan bimbingan Islam bagi anak jalanan oleh lembaga pemberdayaan perempuan dan anak pinggiran (PPAP) Seroja di Kota Surakarta

Marfu'ah, Ikrima Hasni (2019) Bentuk-bentuk layanan bimbingan Islam bagi anak jalanan oleh lembaga pemberdayaan perempuan dan anak pinggiran (PPAP) Seroja di Kota Surakarta. Undergraduate (S1) thesis, KODEPRODI70232#BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM (BPI).

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ikrima Hasni Marfu’ah (1401016009). Bentuk-bentuk Layanan Bimbingan Islam Bagi Anak Jalanan di Pemberdayaan Perempuan dan Anak Pinggiran (PPAP) SEROJA Kota Surakarta.
Fenomena merebaknya anak jalanan di Indonesia merupakan persoalan sosial yang kompleks. Setiap tahun keberadaan mereka senantiasa mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Keberadaan mereka telah memunculkan babak baru eksploitasi sosial dengan menjadikan mereka manusia pinggiran. Anak jalanan merupakan realitas yang tiada henti untuk dikaji. Keberadaan mereka senantiasa hadir sebagai permasalahan yang tak ada ujung pangkalnya. Realitasnya sangat komplek sehingga menuntut penanganan yang cermat, serius, terfokus dan kontinu.
Skripsi ini membahas mengenai Bentuk-bentuk layanan Bimbingan Islam bagi Anak Jalanan di Lembaga Pemberdayaan Perempuan dan Anak Pinggiran (PPAP) Seroja di Kota Surakarta yang dilatarbelakangi oleh kondisi anak jalanan yang kurang dalam pemahaman dan pengetahuan tentang ajaran Islam. Anak jalanan membutuhkan penanganan yang cermat dan secara kontinu. Mereka membutuhkan layanan bimbingan Islam untuk mengenalkan dan mengajarkan mereka tentang ajaran Islam. Bentuk layanan bimbingan Islam di Lembaga Seroja adalah berupa bimbingan gerakan dan bacaan sholat, baca tulis Al-Qur’an, hafalan surat-surat pendek, hafalan do’a harian. .
Fokus penelitian ini adalah bagaimana bentuk-bentuk layanan bimbingan Islam yang berada di lembaga PPAP Seroja dalam menangani anak jalanan. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah anak jalanan dan pembimbing di Lembaga Seroja.
Hasil penelitian ini adalah bimbingan Islam yang diberikan kepada anak jalanan terdapat peningkatan pemahaman kepada mereka, yang awalnya tidak tau sama sekali dan lupa mengenai sholat dan mengaji,hafalan surat pendek dan doa harian dengan adanya bimbingan Islam ini anak jalanan mulai mengenal kembali dan sudah berangsur menjalankan meski belum maksimal. Hal ini terjadi karena waktu-waktu mereka dihabiskan untuk di jalanan sehingga untuk mempelajari dan melaksanakan kegiatan agama kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; Anak jalanan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 19 Aug 2019 01:45
Last Modified: 22 May 2021 04:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10000

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics