Problematika bimbingan rohani Islam di Rumah Sakit Ibu dan Anak Pala Raya Tegal

Mukhlisoh, Alfanita Nur (2019) Problematika bimbingan rohani Islam di Rumah Sakit Ibu dan Anak Pala Raya Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Alfanita Nur Mukhlisoh (1401016021). ”Problematika Bimbingan Rohani Islam di Rumah Sakit Ibu dan Anak Pala Raya Tegal”. Skripsi. Semarang: Fakultas Dakwah UIN Walisongo Semarang, 2019.
Penelitian ini sebagai salah satu upaya untuk mengkaji lebih dalam tentang pelaksanaan dan problematika bimbingan rohani Islam di RSIA Pala Raya Tegal. Skripsi ini diharapkan bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Direktur (Bapak Arif P.), petugas rohani Islam (Bapak Sukadi), pasien, perawat, dan segenap karyawan dalam berbagai profesi di RSIA Pala Raya Tegal. Tujuannya agar dapat menemukan dan mengatasi problematika yang ada pada bidang bimbingan rohani Islam seperti, kurangnya petugas rohani Islam, sehingga dalam pelaksanaan kegiatannya menjadi kurang efektif baik dari segi waktu maupun tenaga pembimbing rohani Islam, serta bermanfaat pula bagi mahasiswa/i jurusan bimbingan dan penyuluhan Islam khususnya pada konsentrasi bimbingan rohani Islam juga bagi para pembaca sebagai tambahan wawasan pengetahuan terkait bimbingan rohani Islam di rumah sakit.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan menggunakan Pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian antara lain, direktur, petugas rohani Islam, perawat, pasien sehat dan pasien sakit. Tipe yang tergolong pada pasien sehat yakni keluarga yang menemani di rumah sakit, sedangkan tipe yang tergolong pasien sakit adalah pasien yang sedang mengalami sakit atau dirawat di rumah sakit. Teknik analisis data berupa analisis tekstual dari hasil catatan lapangan yakni berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Pelaksanaan bimbingan rohani Islam berjalan sesuai dengan arahan dan aturan yang ada di rumah sakit tersebut. Adanya pelaksanaan bimbingan rohani Islam bagi pasien sangat penting karena memberikan rasa tenang dan bisa lebih mengenal Allah, sehingga bisa lebih dekat lagi dengan Allah serta memotivasi dalam kesembuhan pasien. 2) Problematika yang ada di bidang bimbingan rohani Islam seiring dengan pelaksanaannya menunjukkan bahwa kurangnya petugas rohani Islam, munculnya rasa iri dari pasien yang tidak diberikan bimbingan rohani Islam, media, sarana dan prasarana yang minim, belum adanya strukturisasi di bagian bimbingan rohani Islam. Minim informasi dan wawasan terkait adanya bimbingan rohani Islam di RSIA Pala Raya Tegal.Problematika tersebut dijabarkan sesuai dengan kondisi yang ada di RSIA Pala Raya Tegal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan rohani Islam; Rumah sakit; Ibu; Anak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 19 Aug 2019 01:52
Last Modified: 26 Jul 2021 02:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10002

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics