Film komedi sebagai media dakwah : analisis film “Insya Allah Sah”

Afifuloh, Afifuloh (2019) Film komedi sebagai media dakwah : analisis film “Insya Allah Sah”. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Film bergenre komedi adalah film yang menempatkan humor sebagai konten utamanya. Kendati secara substansi film komedi hanya bersifat menghibur, namun pada akhirnya genre ini bisa dijadikan sebagai sebuah potensi besar bagi dunia dakwah, karena karakteristiknya yang ringan, menghibur dan jauh dari kesan menggurui. Salah satu film yang merepresentasikan potensi itu secara bagus adalah Film berjudul “Insya Allah Sah” besutan sutradara Benni Setiawan. Menggunakan jenis penelitian kualitatif serta teknik analisis isi (content analysis) penelitian ini mencoba menggali tentang bagaimana komedi sebagai media dakwah dalam Film “Insya Allah Sah”.
Adapun hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa implementasi film komedi Insya Allah Sah sebagai media dakwah dilakukan melalui pemaparan tiga jenis materi dakwah, yakni: Masalah Keimanan (Aqidah), Masalah keislaman (Syariat) dan Masalah Budi Pekerti (Akhlakul Karimah). Ketiganya ditampilkan sesuai dengan teori Freud yakni menggunakan jenis komedi motivasi, karena kelucuan bukan hanya diperoleh dari teknik melucu saja, tetapi dilakukan dengan motivasi. Dalam konteks ini motivasi yang dilakukan adalah dengan memasukkan nilai-nilai keislaman yang sarat akan moral dan kemanusiaan. Sedangkan secara teknik, komedi dalam film ini menggunakan kombinasi tiga teknik yakni teknik humor lakuan, grafis, dan sekaligus literatur karena di dalamnya juga disampaikan beberapa ayat-ayat Al-Qur’an baik secara tersirat maupun tersurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media dakwah; Film komedi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 03 Sep 2019 09:51
Last Modified: 20 May 2021 03:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10024

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics