Pengembangan dakwah melalui produksi program talkshow “Sekitar Kita” di Walisongo TV

Amrihani, Haresti Asysy (2019) Pengembangan dakwah melalui produksi program talkshow “Sekitar Kita” di Walisongo TV. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI HARESTI-1501026055.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI HARESTI-1501026055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Data biro statistik menunjukkan bahwasanya masyarakat Indonesia banyak yang memilih untuk menyaksikan televisi secara rutin dibandingkan dengan membaca koran, majalah, atau mendengarkan radio. Seiring bertambahnya jumlah penonton televisi dan stasiun televisi lokal, program informasi dan hiburan dikembangkan guna meningkatkan produksi program siaran di televisi, salah satunya yaitu program talkshow dakwah “Sekitar Kita” oleh Walisongo TV. Program talkshow yang dijadwalkan bisa produksi setiap satu bulan sekali ini tidak produksi sebagaimana mestinya. Program ini bertujuan mengembangkan program talkshow “Sekitar Kita” dan mengukur kelayakan program yang dikembangkan serta diterapkan di Walisongo TV.
Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation). Populasi penelitian adalah pemirsa Walisongo TV berjumlah 50 orang ditentukan dengan metode random dan penilaian dua pakar media. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian dan pengembangan menghasilkan produk program talkshow dakwah yang layak ditayangkan. Kelayakan program talkshow yang telah dikembangkan dan diterapkan berdasarkan pertimbangan penilaian oleh dua pakar media yang didapatkan rerata skor total dari empat aspek penilaian (tampilan, manfaat, narasi dan suara, dan materi) dengan skor 66,5 dengan kategori layak. Adapun rerata skor respon penilaian penonton dari dua aspek penilaian (tampilan dan materi) adalah 54,14 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media dakwah; Produksi program; Talkshow; Dakwah melalui televisi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 06 Sep 2019 01:28
Last Modified: 06 Sep 2019 01:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10038

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics