Pengelolaan zakat di Yayasan Baitul Maal PT. PLN (Persero) pusat manajemen proyek Semarang Jawa Tengah

Khoirunnisa, Rizka Dewi (2019) Pengelolaan zakat di Yayasan Baitul Maal PT. PLN (Persero) pusat manajemen proyek Semarang Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rizka Dewi Khoirunnisa (1401036004), “Pengelolaan Lembaga Amil Zakat PT. PLN (Persero) Pusat Manajemen Proyek Semarang Jawa Tengah”
Sebagai ibadah maliyah, zakat mempunyai dimensi dan fungsi sosial ekonomi atau pemerataan karunia Allah SWT dan juga merupakan perwujudan solidaritas sosial, pernyataan rasa kemanusiaan dan keadilan. Zakat juga sebagai pembuktian persaudaraan muslim sebagai pengikat batin antara yang kaya dan yang miskin serta sebagai jembatan antara golongan kuat dan lemah. Zakat hukumnya wajib bagi setiap muslim yang telah memenuhi syarat pengeluaran zakat, maka harus menghitung dengan seksama zakat yang harus dikeluarkan. Namun apabila tidak menghitung sendiri maka dapat meminta bantuan kepada Badan atau Lembaga Amil Zakat melalui kalkulator zakat.
Peranan zakat sangat penting, untuk itu Badan atau Lembaga Amil Zakat harus dapat mengelola dana zakat dengan sebaik-baiknya karena pengelolaan zakat merupakan amanah dan tanggungjawab besar dari para muzakki. Lembaga Amil Zakat yang telah diubah nama menjadi Yayasan Baitul Maal PT. PLN (Persero) Pusat Manajemen Proyek Semarang adalah salah satu lembaga pengelola zakat yang memiliki tugas pokok menghimpun, mendistribusikan dan memberdayakan zakat, infaq dan shadaqah pegawai PT. PLN (Persero) Pusat Manajemen Proyek Semarang kepada mustahiq.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Dengan sifat penelitian adalah deskriptif, sedangkan pendekatannya adalah normatif yuridis (berpedoman pada Al-Qur’an dan Undang-Undang Pengelolaan Zakat). Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber primer dalam penelitian ini adalah pengelola zakat di PT. PLN (Persero) Pusat Manajemen Proyek Semarang dan mustahiq zakat, sedangkan data sekunder bersumber dari dokumen dan buku-buku penunjang. Analisis yang diterapkan adalah kualitatif, dengan berpikir secara induktif.
Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa pengelola zakat oleh Yayasan Baitul Maal PT. PLN (Persero) Pusat Manajemen Proyek Semarang belum efektif, ini dapat terlihat dari beberapa hal berikut, antara lain : (1) potensi dana zakat pegawai muslim masih 68%, (2) dari 5 (lima) unit yang aktif hanya 3 (tiga) unit, (3) kurangnya kesadaran beberapa pegawai muslim akan kewajiban berzakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan zakat; Lembaga amil zakat; Baitul maal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 06 Sep 2019 01:36
Last Modified: 23 May 2021 05:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10043

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics