Manajemen penghimpunan dana sosial pada Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kota Semarang : periode 2018

Ernawati, Ernawati (2019) Manajemen penghimpunan dana sosial pada Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kota Semarang : periode 2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ernawati, NIM: 1401036047, Manajemen Penghimpunan Dana Sosial pada LAZISNU kota Semarang.
Nahdlatul Ulama adalah organisasi masyarakat Islam yang bukan hanya menyebarkan ajaran-ajaran Islam, namun sebagai fasilitator masyarakat dalam bidang keagamaan, sosial, ekonomi dan pendidikan. Dalam upaya menjadi fasilitator masyarakat di bidang sosial, NU mendirikan Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) yang bertugas mengumpulkan, mengelola dan mendistribusikan dana sosial kepada masyarakat yang membutuhkan.
Penulis memperhatikan pentingnya manajemen penghimpunan dana sosial pada LAZISNU, berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalahnya adalah: Bagaimana aplikasi fungsi manajemen dalam penghimpunan dana sosial pada LAZISNU kota Semarang dan Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam menghimpun dana sosial pada LAZISNU kota Semarang?. Adapun teori yang digunakan adalah teori George R.Terry mengenai fungsi-fungsi manajemen yang mencakup Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Kemudian teori penghimpunan yang dikemukakan oleh beberapa tokoh bahwa penghimpunan diartikan sebagai proses mempengaruhi masyarakat untuk menyalurkan dana dan sumber daya lainnya (baik individu maupun organisasi) yang akan digunakan untuk membiayai program dan kegiatan operasional lembaga yang pada akhirnya untuk mencapai misi dan tujuan dari lembaga tersebut.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan deskriptif analisis. Yaitu penulis menggambarkan permasalah dengan didasari data-data yang ada kemudian dianalisis lebih lanjut untuk ditarik kesimpulan. Dengan tipe pendekatan studi kasus, penulis mengadakan penelitian dengan melihat, menggambarkan tentang Manajemen Penghimpunan Dana Sosial pada LAZISNU, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dengan ketua LAZISNU dan ketua Divisi Penghimpunan LAZISNU serta dokumentasi LAZISNU.
Hasil dari penelitian manajemen penghimpunan dana sosial pada LAZISNU kota Semarang yaitu LAZISNU telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen dengan baik. Meskipun masih ada yang perlu diperbaiki dan dimaksimalkan seperti fungsi evaluasinya sehingga dapat meminimalisir hambatan-hambatan dalam menghimpun dana serta, perluasan jaringan donatur, sosialisasi yang lebih massif agar khalayak lebih mengenal dan mengetahui LAZISNU sebagai lembaga pengelola dana sosial seperti zakat, infaq dan shadaqah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen zakat; Dana sosial; Badan amil zakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 06 Sep 2019 01:37
Last Modified: 23 May 2021 05:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10044

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics