Strategi Ta’mir Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang dalam peningkatan jumlah jamaah majelis taklim Muqorrobin

Linda, May (2019) Strategi Ta’mir Masjid Al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang dalam peningkatan jumlah jamaah majelis taklim Muqorrobin. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini disusun oleh May Linda (1501036051) dengan judul: Strategi Takmir Masjid al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang dalam Peningkatan Jumlah Jamaah Pengajian Majelis Taklim Muqorrobin. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Strategi Takmir Masjid al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang dalam Peningkatan Jumlah Jamaah Pengajian Majelis Taklim Muqorrobin. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat Takmir Masjid al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang dalam peningkatan jumlah Jamaah Majelis Ta’lim Muqorrobin.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara kepada Takmir dan pengurus majelis taklim muqorrobin di Masjid al-Azhar dan sumber data sekunder diperoleh dari data pendukung terkait dengan dokumen-dokumen masjid al-Azhar dan majelis taklim muqorrobin, dan foto-foto yang terkait dengan penelitian ini. Teknik pengambilan data yang dilakukan peneliti melalui hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi takmir masjid al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang dalam peningkatan jumlah jamaah pengajian majelis taklim muqorrobin melalui beberapa langkah strategi, yaitu: a) Melalui Program Kegiatan, yaitu : Kegiatan ibadah sosial diantaranya : 1) Melalui Kegiatan Amaliyah, 2) Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, 3) Memperingati Hari Raya Idul Adha. Kegiatan Pendidikan diantaranya : 1) Melalui pembacaan surat-surat al-Qur’an, 2) Yasin dan Tahlil, 3) Bacaan Diba’ 4) BTA (Belajar Tulis al-Qur’an), 5) Ceramah, b) Melalui Media Massa, yaitu: Media Cetak dan Media Sosial, c) Melalui Sebar Proposal, d) Melalui Motivasi Kesadaran kepada Jamaah. Faktor Pendukung: 1) Motivasi dan pengertian yang diberikan takmir kepada pengurus majelis dan ibu-ibu jamaah dalam melaksanakan kegiatan untuk saling mendukung dan mensukseskan acara kegiatan majelis taklim. 2) Hubungan antara takmir masjid, pengurus majelis taklim dan jamaah ibu-ibu dalam membantu kegiatan Majelis Taklim Muqorrobin saling bahu membahu dalam pelaksanaan kegiatan majelis, baik memberikan sebuah gagasan (pikiran) maupun tenaga. 3) Kerjasama antar pengurus yang baik dalam mengkoordinasikan kegiatan kepada jamaah ibu-ibu. 4) Dukungan dari masyarakat dan ustadz ustadzah yang domisili di sekitar masjid al-Azhar dalam proses kemajuan kegiatan keagamaan yang ada di wilayah masjid al-Azhar Permata Puri Ngaliyan Semarang. 5) Berbagai macam kegiatan yang diadakan oleh takmir dan pengurus majelis menjadikan bertambahnya semangat jamaah ibu-ibu dalam mengikuti kegiatan majelis, karena kegiatan yang diadakan sangat bervariasi dan tidak monoton. Faktor Penghambat: 1) Keterbatasan waktu karena banyak ibu-ibu yang sibuk sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) dalam membagi waktu dengan kegiatan di rumah. 2) Faktor usia yang mungkin sudah tidak sekuat masa mudanya yang mengeluhkan akan jarak dari rumah ke masjid untuk wilayah permata puri bawah. 3) Kepribadian jamaah dalam memahami dan mengikuti kegiatan keagamaan. 4) Kondisi atau keadaan cuaca yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Takmir masjid; Majelis taklim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 07 Sep 2019 01:21
Last Modified: 23 May 2021 05:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10048

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics