Pengelolaan zakat produktif untuk peningkatan ekonomi mustahiq : studi pada program pemberdayaan ekonomi kampung ternak Dompet Dhuafa Jawa Tengah

Lestari, Meliana Sindi (2019) Pengelolaan zakat produktif untuk peningkatan ekonomi mustahiq : studi pada program pemberdayaan ekonomi kampung ternak Dompet Dhuafa Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Meliana Sindi Lestari, 1501036079. Pengelolaan Zakat Produktif Untuk Peningkatan Ekonomi Mustahik (Studi Pada Program Pemberdayaan Ekonomi Kampung Ternak Dompet Dhuafa Jawa Tengah).
Kemiskinan menjadi masalah yang krusial sepanjang sejarah Indonesia. Pembangunan telah banyak dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi kondisi tersebut, namun angka-angka kemiskinan setiap tahunya masih cukup tinggi. Filantropi Islam menjadi instrument alternatif yang diharapkan mampu menjadi solusi terhadap masalah kemiskinan dan masalah ekonomi. Pengelolaan zakat produktif untuk peningkatan ekonomi mustahiq dibutuhkan dalam program pemberdayaan ekonomi kampung ternak untuk meningkatkan ekonomi mustahiq. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengelolaan zakat produktif untuk meningkatkan ekonomi mustahiq melalui program pemberdayaan ekonomi Kampung Ternak di Dompet Dhuafa Jawa Tengah dan (2) bagaimana program pemberdayaan ekonomi Kampung Ternak di Dompet Dhuafa Jawa Tengah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, karena penelitian ini lebih menekankan analisis deskriptif terhadap suatu fenomena dan berorientasi untuk menjawab pertanyaan penelitian melalui cara berfikir formal dan argumentatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, langakah selanjutnya adalah menganalisis data tersebut dengan pendekatan manajemen dakwah, dengan tahapan analisis yaitu reduksi data, penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah Pengelolaan Zakat Produktif untuk peningkatan ekonomi mustahik (Studi pada program pemberdayaan ekonomi kampong ternak Dompet Dhuafa Jawa Tengah) adalah (1) Program pemberdayaan ekonomi Kampung Ternak di Dompet Dhuafa Jawa Tengah sudah berhasil dilihat dari grafik yang ada jumlah kambing yang ada di dusun gedungan, karang malang , mijen ini setiap tahun mengalami peningkatan baik dari penjualan maupun dari pembelian kambing. (2) Pengelolaan zakat produktif melalui program Pemberdayaan Ekonomi Kampung Ternak dapat meningkatkan ekonomi mustahiq, Berdasarkan hasil temuan dilapangan bahwa perubahan tidak hanya dirasakan dalam aspek ekonomi yang meningkat, namun juga dalam aspek sosial, psikologi, dan spiritual.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan zakat; Zakat produktif; Pemberdayaan ekonomi; Mustahik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 07 Sep 2019 01:38
Last Modified: 23 May 2021 05:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10053

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics