Peran amil zakat Baitul Maal Hidayatullah dalam pendayagunaan zakat melalui program senyum anak Indonesia : studi kasus di Pesantren Al-Burhan Hidayatullah Gedawang Banyumanik Kota Semarang

Rukah, Rukah (2019) Peran amil zakat Baitul Maal Hidayatullah dalam pendayagunaan zakat melalui program senyum anak Indonesia : studi kasus di Pesantren Al-Burhan Hidayatullah Gedawang Banyumanik Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nama: Rukah, 1501036135. Judul: “Peran Amil Zakat Baitul Maal Hidayatullah Dalam Pendayagunaan Zakat Melalui Program Senyum Anak Indonesia (Studi Kasus di Pesantren al-Burhan Hidayatullah Gedawang, Banyumanik Kota Semarang)”.

Baitul Maal Hidayatullah atau sering disebut BMH merupakan lembaga amil zakat yang pendayagunaan zakatnya digunakan untuk pemberdayaan masyarakat. BMH dalam mendayagunakan zakat salah satunya melalui program senyum anak Indonesia dengan pemberian beasiswa di pesantren al-Burhan Hidayatullah Gedawang, Banyumanik kota Semarang. Pemberian beasiswa tidak disampaikan secara langsung kepada mustahiq zakat tapi melalui orang tua anak, hal ini untuk menjaga mental anak karena santri berasal dari latar belakang yang bervariasi. Beasiswa oleh amil zakat BMH juga disertai akad yaitu harus melakukan pengabdian minimal satu tahun setelah selesai menempuh pendidikan (lulus). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran amil zakat Baitul Maal Hidayatullah dalam pendayagunaan zakat melalui program senyum anak Indonesia (studi kasus di pesantren al-Burhan Hidayatullah Gedawang, Banyumanik Kota Semarang) dan mengetahui bagaimana hasil peran amil zakat Baitul Maal Hidayatullah dalam pendayagunaan zakat melalui program senyum anak Indonesia (studi kasus di pesantren al-Burhan Hidayatullah Gedawang, Banyumanik Kota Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif serta terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pihak BMH, Pesantren al-Burhan, serta mustahik penerima beasiswa oleh BMH untuk mendapatkan data. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran amil zakat BMH dalam pendayagunaan zakat melalui program senyum anak Indonesia dengan pemberian beasiswa di pesantren al-Burhan Hidayatullah Gedawang Banyumanik, kota Semarang adalah menghimpun dan mengelola zakat, dengan melalui berbagai cara mulai dari gerai zakat, mengajukan proposal, jemput zakat dan lain-lain. yang mana amil BMH menjelaskan secara rinci mengenai bentuk program yang akan dijalankan agar masyarakat tidak merasa terbohongi dan dimanfaatkan, Mendayagunakan zakat, yaitu dengan cara (a) menentukan objek pendayagunaan zakat (b) tidak hanya didayagunakan untuk beasiswa tapi juga pembangunan gedung 2 lantai dan gazebo untuk santri (c) tepat waktu dalam memberikan beasiswa (d) pendayagunaan zakat memperhatikan skala prioritas mustahik (e) dalam pendayagunaan zakat melakukan pembinaan orang tua mustahik dan pengawasan kepada mustahik (f) amil melakukan inovasi dalam pendayagunaan zakat (g) pendayagunaan zakat melalui program senyum anak Indonesia terdapat proses pengabdian setelah lulus (h) dalam pendayagunaan zakat, amil membangun komunikasi yang intens dengan masyarakat (h) melakukan pendataan mustahiq zakat dan memetakan jumlah kebutuhan mustahik. (2) Hasil dari program senyum anak Indonesia yang diberikan oleh amil zakat Baitul Maal Hidayatullah melalui pesantren al-Burhan bagi para mustahik adalah anak jadi dapat menempuh jenjang pendidikan dan sangat membantu orang tua, karena bagi yang terkendala ekonomi dengan adanya program tersebut, orang tua hanya membayar biaya administrasi sesuai dengan kemampuan orang tua. Selain itu program senyum anak Indonesia dengan proses pembinaan di pesantren menghasilkan beberapa perubahan-perubahan yang positif bagi para mustahik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Amil zakat; Baitul maal; Pendayagunaan zakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 07 Sep 2019 01:46
Last Modified: 23 May 2021 06:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10057

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics