Analisis distribusi dana zakat mal di LAZISNU Boja

Husniyati, Ely (2019) Analisis distribusi dana zakat mal di LAZISNU Boja. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Ely Husniyati__122411088.pdf]
Preview
Text
Ely Husniyati__122411088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zakat merupakan alat bantu sosial mandiri yang menjadi kewajiban moral bagi orang kaya untuk membantu mereka yang miskin dan terabaikan yang tak mampu menolong dirinya sendiri meskipun dengan semua skema jaminan sosial yang ada, sehingga kemelaratan dan kemiskinan dapat terhapuskan dari masyarakat Muslim. Karena zakat diberikan dalam bentuk pemberian modal dan wirausaha. Akan tetapi pemberian zakat selama ini umumnya bersifat konsumtif. LAZISNU BOJA mempunyai program peningkatan ekonomi produktif dengan mendistribusikan dana zakat secara produktif. Inilah yang membuat penulis tertarik untuk menelitinya.
Yang menjadi pokok permasalahan ini adalah bagaimana kriteria pemilihan mustahik di LAZISNU BOJA dan bagaimana cara mendistribusikan dana zakat di LAZISNU BOJA. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di LAZISNU BOJA kepada masyarakat Kecamatan Boja. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Untuk mendapatkan data yang valid, penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Setelah data-data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis.
Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Pertama, kriteria pemilihan mustahik di LAZISNU BOJA adalah: (1) Dalam memilih kriteria mustahik, LAZISNU BOJA bekerjasama dengan ketua ranting NU di masing-masing desa untuk mengetahui informasi tentang identitas mustahik, (2) Setelah mendapat informasi dari ketua ranting NU tim survey terjun langsung ke lapangan guna membuktikan kebenaran dan keberadaan mustahik, (3) LAZISNU BOJA hanya memilih 7 ashnaf penerima zakat. Kedua, Pendistribusian zakat di LAZISNU BOJA adalah: (1) LAZISNU BOJA melakukan pendistribusian zakat berupa distribusi produktif kreatif, (2) LAZISNU BOJA memberikan bantuan modal usaha kepada 20 orang mustahik di Kecamatan Boja, (3) Dana yang Dari sisi ekonomi, mustahik berlomba-lomba meningkatkan keadaan ekonomi yang lebih baik. Ketiga, Pendistribusian menurut kacamata mustahik ternyata berpengaruh kepada mustahik karena faktor pendidikanlah yang mempengaruhi-nya. Ada sebagian yang mengerti dan faham dalam membelanjakan uang dan ada juga yang tidak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat mal; LAZISNU; Distribusi zakat; Pengelolaan zakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 18 Sep 2019 08:25
Last Modified: 18 Sep 2019 08:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10065

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics