Analisis pengelolaan dana keterlambatan mahasiswa dalam pengembalian buku : studi kasus Perpustakaan Pusat UIN Walisongo Semarang

Futuhi, Mafatih (2019) Analisis pengelolaan dana keterlambatan mahasiswa dalam pengembalian buku : studi kasus Perpustakaan Pusat UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen keuangan pada umumnya merupakan suatu kegiatan pengelolaan dana dalam kehidupan sehari-hari yang dilakukan oleh seorang individu atau kelompok yang memiliki tujuan untuk memperoleh kesejaheraan keuangan. Dalam mencapai kesejahteraan tersebut, dibutuhkan pengelolaan keuangan yang baik sehingga uang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan tidak dihambur-hamburkan.
Akan tetapi tidak semua lembaga mampu mengelola dengan efektif dan efisien, karena didalam sirkulasi sendiri terdapat layanan peminjaman dan pengembalian buku, dan didalam pengembalian buku terdapat dana dari mahasiswa yang terlambat atau kehilangan buku.Mahasiswa yang terlambat mengembalikan buku merupakan salah satu pelanggaran di Perpustakaan. sedangkan sanksi yang diberikan adalah dengan penarikan denda, dan pihak Perpustakaan memiliki hak untuk meminta denda kepada mahasiswa peminjam, sebagaimana telah menjadi ketentuan yang berlaku.
Sehingga akan berdampak pada kinerja keuangan lembaga itu sendiri. maka perlu adanya penelitian tentang hal ini, agar mengetahui bagaimana pengelolaan dana dan manfaat dari dana tersebut bagi mahasiswa lain. Judul yang penulis ambil adalah “Analisis Pengelolaan Dana Keterlambatan Mahasiswa dalam Pengembalian Buku”.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan filed research meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini pengelolaan dana sanksi atau denda yang diperoleh lembaga perpustakaan semuanya akan dilaporkan kepada kampus dengan menyerahkan dana sanksi atau denda kepada BLU UIN Walisongo Semarang. Penyerahaan dana kepada BLU dilakukan perpustakan agar adanya transparan laporan terkait dana denda yang diperoleh perpustakaan. Semua itu dilakukan perpustakaan untuk membantu mahasiswa dalam memanfaatkan dana hasil sanksi atau denda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan dana; Perpustakaan; Denda
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 18 Sep 2019 08:39
Last Modified: 18 Sep 2019 08:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10069

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics