Strategi fundraising program kaleng sedekah LAZISNU Kendal : studi pada NU Care-LAZISNU Cabang Kendal

Mustaqim, Muh Khafidhil (2019) Strategi fundraising program kaleng sedekah LAZISNU Kendal : studi pada NU Care-LAZISNU Cabang Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penunaian zakat, infaq dan, shadaqah merupakan langkah nyata untuk membangun sinergi sosial yang dapat dikembangkan dalam konteks kehidupan modern, Semakin banyaknya pertumbuhan badan atau lembaga amil zakat milik pemerintah maupun milik organisasi tertentu, perlu adanya sosialisasi kepada khalayak dan profesionalisme sebuah lembaga dalam memobilisasi serta mengelola dana zakat, infaq dan shodaqoh. Amanah dari para donatur kepada lembaga amil zakat merupakan bagian terpenting untuk meningkatkan kepercayaan donatur kepada lembaga amil zakat tersebut dengan kata lain muzakki, munfiq, dan mushoddiq harus diposisikan sebagai penentu tumbuh kembangnya lembaga amil zakat, karena tidak mungkin sebuah lembaga amil zakat bisa hidup tanpa kehadiran muzakki, munfiq dan mushoddiq. NU melalui Lembaga Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZIS-NU) merupakan salah satu lembaga amil Zakat nasional yang mengelola zakat, infaq shadaqah dan wakaf (ZISWAF).
NU Care-LAZISNU bahwasanya telah menyiapkan arus baru kemandirian NU melalui gerakan kotak infak (KOIN NU). Gerakan KOIN NU merupakan gerakan nahdliyin untuk mengumpulkan uang receh dari rumah-rumah. Dengan adanya KOIN NU dapat menjadi cara utama, solusi utama, program andalan untuk mewujudkan arus baru kemandirian ekonomi Nusantara. Warga NU yang jumlahnya sangat banyak dan rata-rata berasal dari ekonomi menengah kebawah, maka dengan model kaleng sedekah warga yang kurang mampu pun tetap bisa berinfaq. Model kaleng dinilai lebih efektif dibandingkan transfer.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berupaya menarik faktor-faktor dan informasi-informasi dari data yang ada di lapangan, untuk dianalisa lebih lanjut yang kemudian diambil kesimpulan. Dalam teknik analisis data penulis telah menyesuaikan penelitian ini menggunakan metode dengan menggunakan analisis deskriptif.
Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi fundraising LAZISNU Kendal melalui program kaleng sedekah ini terdapat tiga tahapan strategi, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan, evaluasi strategi. Dalam proses fundraising program kaleng sedekah, LAZISNU Kendal menggunakan dua metode, yaitu direct fundraising (secara langsung) dan indirect fundraising (tidak langsung).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fundraising; Kaleng Sedekah; Badan amil zakat; LAZISNU
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 19 Sep 2019 08:29
Last Modified: 19 Sep 2019 08:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10072

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics