Strategi pemasaran produk simpanan wadiah di KSPPS BMT NU Sejahtera cabang Jepara

As'at, Zoana Irmanis (2019) Strategi pemasaran produk simpanan wadiah di KSPPS BMT NU Sejahtera cabang Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of full skripsi.pdf]
Preview
Text
full skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Koprasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT NU Sejahtera cabang Jeprara salah satu KSPPS yang melakukan kegiatan penghimpunan dana berupa produk simpanan wadiah. KSPPS BMT NU Sejahtera cabang Jeprara guna meningkatkan jumlah nasabah dalam produk simpanan wadiah, dalam hal ini menerapkan strategi pemasaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran pada produk simpanan wadiah dalam meningkatkan jumlah nasabah di KSPPS BMT NU Sejahtera cabang Jeprara dan bagaimana penerapan strategi pemasaran terhadap peninggakatan pada produk simpanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk simpanan wadi’ah dalam meningkatkan jumlah nasabah di KSPPS BMT NU Sejahtera cabang Jeprara dan untuk mengetahui dampak dari penerapan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk simpanan wadiah.
Metode dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan diperkaya dengan data kepustakaan. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan sumber data yaitu primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner.
Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa strategi pemasaran produk simpanan wadiah yang dilakukan KSPPS BMT NU Sejahtera cabang Jeprara dalam meningkatkan jumlah nasabah yaitu menggunakan Segmentasi, Targeting dan Positioning. Selain itu, dalam memasarkan produknya diterapkan strategi bauran pemasaran(marketing mix) yang terdiri atas 4P yaitu Strategi Product (produk), Strategi Price (harga), Strategi Place (tempat/saluran distribusi) dan Strategi Promotion (promosi) yang menggunakan periklanan (advertising) dan promosi penjualan (personal selling) dengan menerapkan strategi jemput bola.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Produk simpanan; Wadiah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 19 Sep 2019 08:37
Last Modified: 27 Jul 2021 02:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10076

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics