Analisis faktor yang mempengaruhi minat investor dalam trading saham secara syariah : studi kasus pada nasabah PT. Phintracho Sekuritas cabang Semarang

Fahmi, Lubab (2019) Analisis faktor yang mempengaruhi minat investor dalam trading saham secara syariah : studi kasus pada nasabah PT. Phintracho Sekuritas cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Minat terhadap pasar modal syariah mengalami pertumbuhan seiring dengan banyaknya perusahaan yang masuk dalam Bursa Efek Indonesia. Dengan adanya Bursa efek masyarakat bisa meninvestasikan dananya melalui perusahaan sekuritas. Phintracho sekuritas sendiri telah memiliki produk pada saham syariah ialah Phintas syariah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis untuk mencari minar investor dalam menggunakan akun saham syariah di Phintracho Sekuritas Semarang. Dalam penelitian ini menggunakan landasan teori minat, landasan teori pasar modal syariah, saham syariah dan investasi syariah.
Hasil penelitian menunjukan dari beberapa narasumber sebagian besar memilih saham syariah dikarenakan taat pada aturan agama Islam, sehingga lebih menghindari perbuatan yang menghasilkan riba dari transaksi serta proses account saham. Dikarenakan proses account saham syariah lebih selektif dalam memilih emiten yang tergabung dalam list di bursa efek Indonesia. Meskipun sudah lama saham syariah ini dipublikasikan namun masih banyak para investor dalam negeri dan luar negeri yang memakai account saham konvensional. Serta cara para investor tersebut tidak dengan asal pilih perusahaan yang akan investasikan oleh para investor tersebut dikarenakan terhindarnya dari sesuatu yang subhat serta riba sudah nyatakan oleh JII dan ISSI. Para investor tersebut menginvetasikan investasinya dalam account syariah lebih menunjang kepada perusahaan perusahaan yang telah di pilih serta direkomendasikan oleh para ulama Indonesia melalui DSN-MUI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat investasi; Pasar Modal Syariah; Sekuritas; Saham syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 20 Sep 2019 03:36
Last Modified: 20 Sep 2019 03:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10078

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics