Aprilianto, Muhammad Haris (2019) Analisis marketing mix pada usaha obat pertanian dalam perspektif etika bisnis Islam : studi kasus pada CV Aliansyah Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bisnis merupakan suatu kegiatan yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Bisnis sangat penting dalam kehidupan manusia, karena manusia memerlukan harta dan kekayaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bisnis dibidang obat pertanian merupakan bisnis yang cukup menjanjikan. Seperti halnya toko obat pertanian yang cukup besar didaerah kabupaten Pati yaitu CV Aliansyah. CV Aliansyah merupakan perusahaan swasta yang bergerak dibidang obat pertanian. Masyarakat kabupaten pati yang sebagian besar bekerja sebagai petani membuat bisnis obat pertanian sangat menjanjikan dan dapat memperoleh keuntungan yang cukup besar. Maka dari itu pebisnis menginginkan keuntungan yang banyak, berbagai strategi dan inovasi diterapkan sebagai langkah untuk mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Dalam islam sangat diharamkan memproduksi atau menjual segala sesuatu yang merusak aqidah yang shalih dan akhlak yang menggocangkan nilai-nilai agama dan akhlak, menyibukkan pada hal-hal yang sia-sia dan menjauhkannya dari keseriusan, mendekatkan pada kebatilan dan menjauhkan dari kebenaran, mendekatkan dunia dan menjauhkan akhirat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana marketing mix yang ada di CV Aliansyah dan juga untuk mengetahu bagaimana marketing mix CV Aliansyah dalam perspektif etika bisnis islam. Peneliti menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif. Objek penelitiannya adalah CV Aliansyah. Data penelitian dikumpulkan melalui metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah marketing mix yang dilakukan oleh CV Aliansyah sudah sesuai dengan etika bisnis islam, hal ini dapat dilihat dari tidak adanya penyimpangan yang melanggar prinsip-prisip etika bisnis islam pada marketing mix yang dilakukan CV Aliansyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Marketing mix; Obat pertanian; Etika bisnis Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture > 631 Techniques, equipment, materials
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 28 Sep 2019 01:28
Last Modified: 28 Sep 2019 01:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10099

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics