Pengaruh gaya hidup, uang muka, harga, dan jangka waktu angsuran terhadap minat pembiayaan kepemilikan sepeda motor : studi kasus masyarakat muslim di Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan

Masruroh, Hanifatul (2019) Pengaruh gaya hidup, uang muka, harga, dan jangka waktu angsuran terhadap minat pembiayaan kepemilikan sepeda motor : studi kasus masyarakat muslim di Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_1405026169_Skripsi_lengkap]
Preview
Text (NIM_1405026169_Skripsi_lengkap)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independen yaitu gaya hidup (X1), uang muka (X2), harga (X3), dan jangka waktu angsuran (X4) terhadap variabel terikat yaitu minat pembiayaan kepemilikan sepeda motor (Y) di Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner (angket). Subjek penelitian menggunakan sampel sebanyak 50 responden. Data primer diperoleh berdasarkan jawaban responden terhadap angket yang dibagikan peneliti kepada masyarakat muslim kelas menengah di Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan. Metode analisis datanya menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis yang meliputi uji f, uji T dan uji koefisien determinan (R2). Sedangkan pengolahannya menggunakan SPSS 16.0 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel gaya hidup (X1) dan uang muka (X2) berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan variabel harga (X3) dan jangka waktu angsuran (X4) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat pembiayaan kepemilikan sepeda motor (Y) dengan pengolahan data model regresi linier berganda sebagai berikut :
Y = 2,520 + 0,317X1 + 0,252X2 -0,175X3 -0,105 X4
Koefisien determinasinya (R Square) yang diperoleh sebesar 0,235. Hal ini berarti 23,5% minat pembiayaan kepemilikan sepeda motor dapat dijelaskan oleh variabel gaya hidup, uang muka, harga dan jangka waktu angsuran, sedangkan 76,5% minat pembiayaan sepeda motor dapat dijelaskan dari variabel lain selain keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup; Uang Muka; Harga; Jangka Waktu Angsuran; Minat Pembiayaan Sepeda Motor; Kredit sepeda motor
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 12 Oct 2019 03:39
Last Modified: 15 Oct 2019 04:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10106

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics