Peran pesantren dalam pemberdayaan ekonomi masyakarat : studi kasus di Pondok Pesantren Amtsilati Bangsri Jepara tahun 2018

Yusufa, Sinatrya Alief (2019) Peran pesantren dalam pemberdayaan ekonomi masyakarat : studi kasus di Pondok Pesantren Amtsilati Bangsri Jepara tahun 2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1405026173_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (1405026173_Skripsi_Lengkap)
Skripsi Sinatrya Alief Yusufa (1405026173).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (616kB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan (empowerment) adalah salah satu bagian dari konsep pembangunan yang berusaha mewujudkan masyarakat sejahtera secara adil dan merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Pondok Pesantren Amtsilati Bangsri Jepara dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Tahun 2018; Untuk mengetahui Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat Pondok Pesantren Amtsilati Bangsri Jepara dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Tahun 2018.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan teknik pengambilan data melalui wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen Pondok Pesantren Amtsilati Bangsri Jepara.
Hasil penelitian Peran Pondok Pesantren Amtsilati Bangsri Jepara dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Tahun 2018 berhasil dilaksanakan dan sudah sesuai sasaran, dengan program kegiatan antara lain:
Peran Pondok Pesantren Amtsilati Bangsri Jepara dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Tahun 2018 berhasil dilaksanakan dan sesuai dengan tatanan syariat islam serta sesui dengan teori pemberdayaan ekonomi masyarakat yaitu: Bina Manusia, Bina Usaha. Bina Manusia yang telah berjalan antara lain: program pembelajaran pesantren dan penyelenggaraan pengajian setiap selasa pagi. Bina usaha yang dilakukan lain: bina usaha pemberian bantuan modal usaha berupa hewan ternak, bina usaha pemberian bantuan modal usaha, bina usaha pemberian bantuan tunai, bina usaha membuka lapangan pekerjaan dibidang percetakan, sumbangan pembangunan tempat ibadah. Faktor pendukung dan penghambat Pondok Pesantren Amtsilati Bangsri dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Tahun 2018 antara lain: Faktor pendukung; SDM Team Pesantren sangat professional, Perencanaan yang matang, banyaknya fakir miskin, banyaknya Mualaf. Faktor Penghambat; Bertambah banyak yang mengajukan bantuan berakibat proses seleksi dan analisa lebih lama, Terbatasnya Jumlah team pesantren, Belum adanya anggaran pendamping dari pesantren untuk pembiayaan pendampingan team, berakibat program ini belum bisa dilaksanakan pendampingan yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan ekonomi masyarakat; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 12 Oct 2019 04:08
Last Modified: 03 Jul 2021 05:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10108

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics