Studi perbandingan hasil penjualan padi dengan sistem tebasan dan sistem timbangan dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus petani padi di Desa Ngagel Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati

Zulfa, Indana (2019) Studi perbandingan hasil penjualan padi dengan sistem tebasan dan sistem timbangan dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus petani padi di Desa Ngagel Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1405026186_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1405026186_Lengkap)
SKRIPSI FULL WORD.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sistem jual beli padi di Desa Ngagel Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati dibagi menjadi dua macam yakni jual beli padi sistem tebasan dan jual beli padi sistem timbangan. Jual beli padi sistem tebasan dan sistem timbangan dilakukan menggunakan akad lisan. Dalam jual beli padi sistem tebasan setelah harga terbentuk maka penebas akan memberikan uang panjer sebagai tanda jadinya akad dan akan dilunasi setelah proses panen. Akan tetapi dalam jual beli padi sistem timbangan harga padi akan disesuaikan dengan harga padi saat itu juga (per kwintal). Dalam jual beli padi sistem tebasan bisa terjadi hal-hal yang tidak terduga ditengah akad, seperti penurunan harga padi karena padi terserang hama wereng atau padi ambruk tertiup angin, kebanjiran dan lainnya yang akan menyebabkan kerugian jika meneruskan transaksi sesuai dengan harga yang sudah disepakati. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil perbandingan jual beli padi menggunakan sistem tebasan dan jual beli padi menggunakan sistem timbangan di Desa Ngagel Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati dan untuk mengetahui apakah dalam praktek jual beli padi sistem tebasan dan jual beli padi sistem timbangan di Desa Ngagel Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati sudah sesuai dalam perspektif Ekonomi Islam.
Metode Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. penelitian kualitatif diartikan sebagai salah satu prosedur penelitian yang akan menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan prilaku orang-orang yang diamati. Sedangkan penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yaitu data yang dikumpulkan lebih mengambil bentuk kata-kata atau gambar dari pada angka-angka. Hasil penelitian tertulis berisi kutipan-kutipan dari data untuk mengilustrasikan dan menyediakan bukti presentasi, transkip wawancara, catatan lapangan, dokumen-dokumen, memo foto dan dokumen resmi lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan hasil jual beli padi sistem tebasan dan jual beli sistem timbangan lebih menguntungkan jual beli padi sistem timbangan dibandingkan jual beli padi sistem tebasan. Akan tetapi proses yang dilalui juga panjang dan membutuhkan waktu berhari-hari, sedangkan jual beli padi sistem tebasan waktu yang dibutuhkan tidak lama karna petani tidak perlu memikirkan proses pengeringan dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Sistem tebasan; Sistem timbangan; Hukum ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 24 Oct 2019 07:07
Last Modified: 24 Oct 2019 07:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10110

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics