Pemberdayaan masyarakat dan peningkatan perekonomian melalui pengelolaan sampah elektronik di Zem Silver : studi kasus ZEM Silver di Desa Mijen, Kecamatan Kabunagung Demak

Solikah, Anisatun (2019) Pemberdayaan masyarakat dan peningkatan perekonomian melalui pengelolaan sampah elektronik di Zem Silver : studi kasus ZEM Silver di Desa Mijen, Kecamatan Kabunagung Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1505026060_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505026060_Lengkap)
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sampah elektronik adalah jenis sampah yang tidak dapat dimusnahkan ataupun terurai dengan cepat. Menurut sifatnya, sampah adalah sesuatu yang sudah tidak memiliki manfaat dan tidak bisa dimanfatkan. Namun, ZEM Silver menggunakan sampah elektronik sebagai bahan pembuatan kerajinan perhiasan dan melakukan pemberdayaan kepada masyarakat Desa Mijen, Kecamatan Kabunagun-Demak. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini yaitu, bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah elektronik di Desa Mijen, Kecamatan Kabunagung-Demak dan apakah melalui pelatihan tersebut ada peningkatan ekonomi masyarakat Desa Mijen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Mijen, tokoh masyarakat, dan juga pemilik ZEM Silver.
Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) proses pengelolaan sampah elektronik menjadi kerajinan perhiasan terdiri dari 9 proses yaitu, proses pemipihan kawat tembaga, proses pembuatan kerangka perhiasan, proses pengisian kerangka atau membatik, proses pematrian tahap I, proses pembersihan bubuk patri, proses pematrian tahap II, proses penyempurnaan bentuk, proses pematrian tahap III, dan proses gold plating atau pewarnaan perhiasan. (2) peran ZEM Silver dalam pemberdayaan masyarakat Desa Mijen ditunjukkan dengan adanya pelatihan soft skill masyarakat dalam pembuatan kerajinan perhiasan yang bekerjasama dengan berbagai lembaga pemerintahan seperti, Kementrian Perindustrian, USAID, Kementrian Koperasi, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, serta Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kabupaten Demak. Hasil dari pemberdayaan masyarakat ini menggambarkan pola perubahan mata pencaharian masyarakat dan juga peningkatan ekonomi karena adanya sumber pendapatan baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; Pengelolaan sampah; peningkatan ekonomi; Sampah elektronik
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 628 Sanitary and municipal engineering
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 24 Oct 2019 07:47
Last Modified: 24 Oct 2019 07:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10121

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics