Pengaruh modal, lokasi, dan permintaan di Hari Raya Idul Fitri terhadap pendapatan pedagang Pasar Rakyat Winong

Asrori, Ahmad (2019) Pengaruh modal, lokasi, dan permintaan di Hari Raya Idul Fitri terhadap pendapatan pedagang Pasar Rakyat Winong. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1705026181_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1705026181_Lengkap)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pasar Rakyat merupakan salah satu tempat yang masih menjadi pusat kegiatan perekonomian sebagian besar masyarakat di Indonesia hingga saat ini. Di pasar masyarakat dapat menemukan berbagai macam barang kebutuhan. Pasar juga menjadi tempat para pedagang menjual berbagai macam jenis barang dagangan ataupun jasa. Dengan melakukan kegiatan perdagangan dipasar, para pedagang memperoleh penghasilan yang layak, oleh sebab itu pasar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal, lokasi dan permintaan di hari raya idul fitri terhadap pendapatan pedagang Pasar Rakyat Winong.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan sumber data primer. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 872 orang pedagang. Penghitungan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 90 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner berupa pertanyaan dan pilihan ganda yang dapat dijawab oleh responden. Analisis data menggunakan alat ukur validitas dan reliabilitas. Dengan menggunakan teknik analisis linier berganda, uji hipotesis parsial (uji t), uji simultan (Uji F) dan koefisien determinasi R2, dengan tingkat toleransi signifikasi sebesar 0,05 (5%).
Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik, maka diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut:
Y = 2,218 + 0,545 Modal X1 + 0,172 Lokasi X2 + 0,299 Permintaan X3
Hasil pengujian data menunjukkan Variabel modal (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan (Y) pedagang pasar, dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000. Variabel lokasi (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan (Y) pedagang pasar, dengan nilai signifikasi sebesar 0,027. Variabel permintaan (X3) di hari raya idul fitri berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan (Y) pedagang pasar, dengan nilai signifikasi sebesar 0,017. Uji simultan F secara bersama-sama modal (X1), lokasi (X2) dan permintaan (X3) dihari raya idul fitri berpengaruh secara simultan terhadap pendapatan (Y) pedagang pasar. Uji koefisien determinasi R2 diketahui bahwa modal, lokasi, dan permintaan di hari raya idul fitri mempengaruhi pendapatan pedagang pasar sebesar 0,687 atau 68,7%, sedangkan sisanya 31,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modal; Lokasi; Permintaan; Pendapatan pedagang; Permintaan; Pasar tradisional; Idul Fitri
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:28
Last Modified: 25 Oct 2019 02:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10126

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics