Pengaruh marketing mix dan tingkat religiusitas masyarakat Desa Warungasem Kabupaten Batang terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah

Asna, Zulfiatul (2019) Pengaruh marketing mix dan tingkat religiusitas masyarakat Desa Warungasem Kabupaten Batang terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505036039_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505036039_Lengkap)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam enam tahun terakhir, bank syariah mengalami pertumbuhan yang baik. Dengan pertumbuhan yang baik ini seharusnya menjadi potensi besar bagi bank syariah untuk semakin mengepakkan sayapnya di kancah dunia perbankan, mengingat mayorotas penduduk Indonesia adalah muslim, khususnya masyarakat Desa Warungasem Kabupaten Batang yang 96 % penduduknya adalah muslim. Namun faktanya, tidak banyak dari mereka yang menggunakan bank syariah dengan alasan jarak bank syariah relative jauh dari permukiman mereka dan belum mengetahui adanya bank syariah. Hal ini sangat disayangkan sekali mengingat mereka mengetahui dengan jelas bahwa riba atau bunga diharamkan dalam agama Islam. Mereka yang bisa mengembangkan pertumbuhan bank syariah tetapi masih menggunakan bank konvensional dari pada bank syariah. Di sisi lain, ada beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli atau menggunakan produk dan jasa dari sebuah perusahaan, salah satunya adalah faktor rangsangan dari perusahaan itu sendiri yang bisa menggunakan marketing mix sebagai alat untuk mempengaruhi keputusan membeli atau menggunakan produk dan jasa bank syariah. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh marketing mix (promosi, lokasi, produk, harga) dan tingkat religiusitas masyarakat Desa Warungasem Kabupaten terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah
Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif, data yang digunakan adalah data primer. Data yang diperoleh dari kuesioner akan dianalisis dengan menggunakan pengukuran skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument, uji asumsi klasik, dan ujhipotesis dengan menggunakan SPSS 16.0 for windows. Jumlah responden sebanyak 100 responden dari populasi 1870 orang yang didapat dari perhitungan rumus slovin.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel marketing mix yang terdiri dari promosi, lokasi, produk, harga serta variabel religiusitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi variabel promosi (0,000), lokasi (0,000), produk (0,006), harga (0,000), dan tingkat religiusitas (0,031) yang mana tingkat signifikansi masing-masing variabel lebih kecil dari signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Marketing mix; Bauran pemasaran; Tingkat religiusitas; Nasabah; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 26 Oct 2019 02:06
Last Modified: 11 Jun 2021 07:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10139

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics