Pelaksanaan jaminan fidusia pada pembiayaan murabahah di BPRS As’ad Alif kantor kas Dr. Cipto Semarang

Islamiati, Dian (2019) Pelaksanaan jaminan fidusia pada pembiayaan murabahah di BPRS As’ad Alif kantor kas Dr. Cipto Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas_Akhir_1605015015]
Preview
Text (Tugas_Akhir_1605015015)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, terdapat dua (2) rumusan masalah, meliputi: Bagaimana implementasi jaminan fidusia pada pembiayaan murabahah di BPR Syariah As’ad Alif Kantor Kas Dr. Cipto Semarang, serta bagaimana implementasi jaminan fidusia di BPR Syariah As’ad Alif Kantor Kas Dr. Cipto Semarang dalam perspektif Ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian. Penulis mengumpulkan data langsung di BPR Syariah As’ad Alif Kantor Kas Dr. Cipto Semarang dan wawancara kepada pihak yang bersangkutan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi serta telaah pustaka. Penelitian ini ada dianalisis dengan metode analisis kualitatif.
Hasil penelitian menyebutkan bahwa BPR Syariah As’ad Alif Kantor Kas Dr. Cipto Semarang jaminan fidusia dalam implementasinya merupakan perjanjian pengingat dari pembiayaan yang merupakan perjanjian pokoknya adalah akad murabahah. Dalam praktiknya BPR Syariah As’ad Alif Kantor Kas Dr. Cipto Semarang sudah sesuai dengan prinsip – prinsip akad murabahah dalam Ekonomi Islam, hal ini dapat dilihat dari ketentuan – ketentuan sebelum memberikan pembiayaan. Pada dasarnya jaminan bukanlah satu rukun atau syarat yang mutlak dalam pembiayaan murabahah, jaminan ini dimaksudkan untuk menjaga agar nasabah bersungguh-sungguh dalam melaksanakan akad murabahah sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional No. 04/DSN-MUI/IV/2000 Bank dapat meminta jaminan untuk dipegangnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jaminan fidusia; Pembiayaan; Murabahah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 31 Oct 2019 02:46
Last Modified: 05 Jun 2021 02:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10165

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics