Ayu Agustina, Lela Candra (2019) Eksekusi jaminan hak tanggungan sebagai upaya penyelesaian pembiayaan bermasalah di KSPPS Berkah Mitra Hasanah Genuk Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas_Akhir_1605015018]
Preview
Text (Tugas_Akhir_1605015018)
LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

KSPPS Berkah Mitra Hasanah merupakan lembaga keuangan syariah non bank yang berupa koperasi jasa keuangan syariah, berada dibawah naunga kementrian koperasi akan tetapi mempunyai fungsi yang hampir sama dengan lembaga perbankan, yaitu untuk menghimpun dana dan menyalurkan kembali kepada masyarakat, khususnya pada kegiatan ekonomi mikro, KSPPS Berkah Mitra Hasanah ini berkantor pusat Jl. Woltermonginsidi No. 39 Banjardowo Genuk Semarang.
Dalam penelitian ini mengusung 2 rumusan masalah diantaranya yang pertama yaitu mengenai faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah di KSPPS Berkah Mitra Hasanah . Yang kedua mengenai bagaimana syarat dan prosedur eksekusi jaminan yang dilakukan oleh KSPPS Berkah Mitra Hasanah Semarang dalam upaya penyelesaian pembiayaan bermasalah
Dari apa yang menajadi pokok permasalahan yang akan dibahas, penulis menggunakan metode penelitian Kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang restrukrisasi untuk meminimalisir pembiayaan bermasalah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara dan observasi.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat beberapa faktor eksternal maupun internal yang mempengaruhi terjadinya pembiayaan bermasalah. KSPSS Berkah Mitra Hasanah melakukan eksekusi jaminan sebagai upaya penyelesaian pembiayaan bermasalah bagi anggota yang mengalami wanprestasi dimana eksekusi jaminan ini merupakan puncak permasalahan dari sebuah tahapan penyelesaian pembiayaan bermasalah di KSPPS Berkah Mitra Hasanah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan bermasalah; Eksekusi jaminan; KSPPS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 31 Oct 2019 02:49
Last Modified: 05 Jun 2021 01:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10166

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics