Standar operasional prosedur (SOP) pembiayaan mudharabah tanpa agunan di KSPPS Amanah Usaha Mulia (AULIA) Magelang

Nuraeni, Alif Fida (2019) Standar operasional prosedur (SOP) pembiayaan mudharabah tanpa agunan di KSPPS Amanah Usaha Mulia (AULIA) Magelang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas_Akhir_1605015034]
Preview
Text (Tugas_Akhir_1605015034)
FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) adalah koperasi yang kegiatan usaha simpan, pinjam dan pembiayaan sesuai dengan prinsip syariah, termasuk mengelola zakat, infak, sedekah dan wakaf. KSPPS Amanah Usaha Mulia (AULIA) Magelang merupakan lembaga keuangan mikro yang salah satu produknya yaitu pembiayaan dengan akad mudharabah tanpa agunan. Dalam penyaluran produknya berpedoman pada prosedur dalam hal ini adalah standar operasional prosedur (SOP) Pembiayaan mudharabah tanpa agunan di KSPPS Amanah Usaha Mulia (AULIA) Magelang.
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui studi pustaka, wawancara dengan dengan pengurus, karyawan dan anggota KSPPS Amanah Usaha Mulia (AULIA) Magelang, serta dokumentasi berupa catatan, transkip, buku, peraturan-peraturan, notulen rapat dan dokumen lain yang mendukung. Dalam proses analisis menggunakan metode analisis deskriptif dengan mendeskripsikan data yang telah diperoleh baik dalam bentuk tulisan maupun gambar agar memberikan kejelasan dan kenyataan yang realistis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa standar operasional prosedur (SOP) pembiayaan mudharabah tanpa agunan di KSPPS Amanah Usaha Mulia (AULIA) Magelang masih perlu pengawasan yang lebih ketat dalam pelaksanaannya untuk menghindari terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang ada dalam proses pemcairannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Standar Operasional Prosedur (SOP); Pembiayaan Mudharabah; Pembiayaan tanpa Agunan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 31 Oct 2019 08:24
Last Modified: 05 Jun 2021 03:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10170

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics