Penerapan IB tabung haji di Bank Jateng Syariah KCPS Magelang

Mu'arif, Ucky Feyzal (2019) Penerapan IB tabung haji di Bank Jateng Syariah KCPS Magelang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas_Akhir_1605015100]
Preview
Text (Tugas_Akhir_1605015100)
Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima, oleh sebab itu menunaikan ibadah haji hukumnya wajib bagi setiap muslim. Oleh karena itu lahirnya Produk Ib Tabung Haji ini bertujuan untuk memberikan kemudahan nasabah untuk menabung demi tercapainya keinginan menunaikan Ibadah Haji. Adapun rumusan masalah dalam Tugas Akhir ini adalah Bagaimana strategi pembinaan nasabah Ib Tabung Haji yang dilakukan Bank Jateng Syariah KCPS Magelang kepada nasabah sehingga nasabah bisa mendapatkan porsi haji dengan tepat waktu dan apa manfaat pembinaan nasabah Ib Tabung Haji yang diberikan oleh Bank Jateng Syariah KCPS Magelang untuk nasabahnya.
Maka dalam penulisan Tugas Akhir ini penulis menggunakan metode penelitian lapangan dengan mengambil lokasi penelitian di Bank Jateng Syariah KCPS Magelang dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Data-data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Data-data yang diperoleh kemudian di analisis.
Dari analisis ini dihasilkan kesimpulan sebagai berikut : Bank Jateng Syariah dalam membina nasabahnya untuk mendapatkan porsi hajinya dengan tepat waktu memiliki beberapa teknik strateginya, yaitu teknik perencanaan. Teknik ini menjelaskan tentang gambaran rincian menabung nasabah guna tercapainya saldo minimal yang sesuai dengan ketentuan Kementrian Agama RI guna selanjutnya untuk didaftar ke Kementrian Agama untuk mendapatkan porsi hajinya. Selanjutnya teknik inkrementalisme logis, yaitu memberikan support berupa dorongan untuk nasabahnya agar tujuan mereka dapat terlaksana dengan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tabungan Haji; Bank Syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 04 Nov 2019 09:44
Last Modified: 05 Jun 2021 03:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10185

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics