Implementasi akad murabahah pada produk ceria IB di BPRS Gala Mitra Abadi Purwodadi

Fatehah, Siti Nur (2019) Implementasi akad murabahah pada produk ceria IB di BPRS Gala Mitra Abadi Purwodadi. Diploma thesis, Universitas Islam Neger Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas_Akhir_1605015107]
Preview
Text (Tugas_Akhir_1605015107)
TA LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kita ketahui selama ini produk dengan akad murabahah sering digunakan pada pembelian barang berupa rumah, mobil, motor dan lain-lain. Di BPRS Gala Mitra Abadi terdapat produk pembiayaan dengan akad murabahah yang disebut dengan produk Ceria IB atau Cicilan Emas Syariah Islamic Banking. Produk tersebut digunakan untuk pembelian emas. Maka dari itu, saya tertarik untuk membuat judul “Implementasi Akad Murabahah pada Produk Ceria IB di BPRS Gala Mitra Abadi Purwodadi”.
Dalam penelitian ini saya akan menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang akan saya ambil bersumber dari hasil wawancara dan observasi. Produk Ceria IB baik digunakan untuk investasi jangka panjang mengingat emas sering mengalami kenaikan per tahunnya. Namun, tidak dapat dipungkiri emas juga memiliki sisi kelemahan yaitu rawan untuk dicuri. Maka dari itu, bank juga menyiapkan save deposit box yang dapat menjamin keamanan emas nasabahnya. Save deposit box ini tidak hanya digunakan untuk menyimpan emas saja. Akan tetapi, dapat digunakan untuk menyimpan barang lain yang berharga.
Hasil dari penelitian ini adalah penerapan akad murabahah pada produk Ceria IB, syarat-syarat untuk mengajukan pembiayaan produk Ceria IB, dan kendala serta solusi yang diambil untuk mengembangkan produk Ceria IB. Objek utama dari produk Ceria IB ini adalah emas. Namun, untuk mengajukan pembiayaan tidak hanya emas yang dapat dijadikan jaminan. Barang lain yang memiliki nilai jaminan sama dengan nilai emas yang diajukan dapat dijadikan sebagai jaminan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Murabahah; Emas; Tabungan; BPRS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 04 Nov 2019 09:54
Last Modified: 05 Jun 2021 02:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10187

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics