Prosedur pembiayaan multi barang di BMT Al-Hikmah Ungaran

Salwalina, Salwalina (2019) Prosedur pembiayaan multi barang di BMT Al-Hikmah Ungaran. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas_Akhri_16050515117]
Preview
Text (Tugas_Akhri_16050515117)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

BMT Al-Hikmah Ungaran adalah sebagai penghimpun dana dan penyalur dana masyarakat yang membutuhkan dana. Salah satu BMT Al-Hikmah menawarkan beberapa produk pembiayaan, namun salah satu yang cukup banyak dalam pengajuannya adalah produk dengan akad jual beli, atau sering disebut dengan pembiayaan murabahah (MBA). Tugas akhir ini membahas tentang komite prosedur pembiayaan multi barang di BMT Al-Hikmah Ungaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara tidak terstruktur, observasi langsung, dan data sekunder berupa buku-buku kepustakaan yang berkait dengan penelitian dan Tugas Akhir yang telah dibuat oleh mahasiswa progam studi D3 Perbankan Syariah UIN Walisongo Semarang. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Dalam penelitian ini menghasilkan pelaksanaan prosedur pembiayaan multi barang dengan akad murabahah di BMT Al-Hikmah.
Nasabah diwajibkan melengkapi persyaratan pembiayaan seperti identitas diri, pendaftaran anggota baru dengan memberikan simpanan wajib dan pokok serta memberikan uang muka sebesar 30% dari jumlah harga sepeda motor dan sisanya dapat di angsur sesuai dengan kesepakatan. Untuk menganalisis pembiayaan yang di lakukan
untuk calon nasabah yang ingin mengajukan pembiayaan, BMT Al-Hikmah menggunakan prinsip 5C yaitu meliputi : Character, capacity, capital, collateral, condition.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Prosedur pembiayaan; Pembiayaan multi barang; BMT
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 04 Nov 2019 10:07
Last Modified: 05 Jun 2021 04:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10190

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics