Faktor-Faktor yang mendorong anggota memilih produk simpanan ijabah di KSPPS TAMZIS Bina Utama Ahmad Dahlan Yogyakarta

Azizah, Nurtiana Lailatul (2019) Faktor-Faktor yang mendorong anggota memilih produk simpanan ijabah di KSPPS TAMZIS Bina Utama Ahmad Dahlan Yogyakarta. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas_Akhir_1605015122]
Preview
Text (Tugas_Akhir_1605015122)
TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

KSPPS Tamzis Bina Utama adalah salah satu koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah yang menghimpun dana dari masyarakat berupa tabungan dansimpanan berjangka yang kemudian menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan. Salah satu produk penghimpuan dana diantaranyaSimpanan Ijabah yaitu produk investasi berjangka yang menggunakan prinsip mudharabah mutlaqah (bagi hasil). Dana tersebut akan dikelola secara produktif dalam bentuk pembiayaan kepada masyarakat usaha kecil dan menengah secara profesional sesuai syariah dan telah sesuai dengan fatwa DSN-MUI yang menetapkan fatwa No : 03/DSN-MUI/IV/2000 yang menyatakan bahwa keperluan masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan dan dalam bidang investasi pada masa kini memerlukan jasa perbankan dan salah satu produk perbankan di bidang penghimpunan dana dari masyarakat adalah deposito, yaitu simpanan dana berjangka yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian nasabah penyimpanan dengan bank.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif. Informasi penelitian ini didapat dari wawancara dan dokumentasi, kemudian teknik pengumpulan datanya bersumber dari sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini dilakukan selama magang satu bulan di BMT Tamzis Bina Utama Yogyakarta yang terletak di Jalan Ahmad Dahlan Nomor 7 Yogyakarta.
Hasil penelitian ini yaitu faktor-faktor yang mendorong anggota memilih produk simpanan Ijabah salah satunya dikelola dengan prinsip adil, disalurkan hanya untuk kegiatan yang sesuai dengan syariah, dan perolehan bagi hasil yang menguntungkan. Produk simpanan Ijabah menggunakan prinsip mudharabah mutlaqahdimana pihak Tamzis telah diberikan kekuasaan untuk mengelola dana nasabah selama tidak bertentangan dengan prinsip syariah selain itu implementasi akad mudharabah pada produk simpanan Ijabah di KSPPS Tamzis Bina Utama Ahmad Dahlan Yogyakarta telah sesuai dengan prinsip syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mudharabah mutlaqah; Investasi syariah; Simpanan ijabah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 04 Nov 2019 10:10
Last Modified: 27 Jul 2021 03:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10191

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics