Pengaruh etika, tingkat religiusitas, dan persepsi peran penyusun laporan keuangan pondok pesantren terhadap kualitas laporan keuangan pondok pesantren di Kota Semarang

Nurainiyah, Faiqatun (2019) Pengaruh etika, tingkat religiusitas, dan persepsi peran penyusun laporan keuangan pondok pesantren terhadap kualitas laporan keuangan pondok pesantren di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505046070_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505046070_lengkap)
FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Judul: Pengaruh Etika, Tingkat Religiusitas, Dan Persepsi Peran Penyusun Laporan Keuangan Pondok Pesantren Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pondok Pesantren Di Kota Semarang. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang bertumbuh pesat di Indonesia. Namun, tertib mencatat keuangan di pondok pesantren merupakan hal yang tidak terlalu penting dilakukan, yang utama aset dapat di distribusikan secara benar dan cukup.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh: 1) etika terhadap kualitas laporan keuangan. 2) tingkat religiusitas terhadap kualitas laporan keuangan. Dan 3) persepsi peran penyusun laporan keuangan terhadap kualitas laporan keuangan pondok pesantren di Kota Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan sumber data primer. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data mengggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdapat tiga tahapan, yaitu analisis pendahuluan, uji coba instrument yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik, dan analisis akhir yang meliputi analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi (adjust r square), dan uji t.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, variabel etika berpengaruh positif signifikan terhadap variabel kualitas laporan keuangan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Tingkat religiusitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kualitas laporan keuangandengan nilai signifikansi sebesar 0,462 > 0,05. Persepsi peran berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kualitas laporan keuangan dengan nilai signifikansi sebesar 0,917 > 0,05. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 51,2% variabel dependen dalam penelitian ini dapat dijelaskan oleh variabel independen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika; Tingkat religiusitas; Penyusun laporan keuangan; Laporan keuangan; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 14 Nov 2019 01:51
Last Modified: 03 Jun 2021 08:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10204

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics