Pengaruh kontribusi pendapatan asli daerah terhadap anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) di Kabupaten Trenggalek

Safitri, Alfin Nova (2019) Pengaruh kontribusi pendapatan asli daerah terhadap anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) di Kabupaten Trenggalek. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1505046005_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505046005_lengkap)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah pokok dalam pembangunan daerah terletak pada penekanan terhadap kebijakan-kebijakan pembangunan yang didasarkan pada kekhususan daerah yang bersangkutan, dengan menggunakan potensi sumber daya manusia, kelembagaan dan sumber daya fisik secara lokal (daerah). Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah penerimaan daerah dari sumber-sumber dalam wilayahnya sendiri yang dipungut berdasarkan peraturan daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam upaya peningkatan pendapatan asli daerah Kabupaten Trenggalek justru menurun dari tahun sebelumnya. Selain itu menyorot beberapa aset yang berpotensi mendongkrak pendapatan asli daerah terlihat tidak berfungsi secara optimal atau mangkrak. Peningkatan pendapatan asli daerah dari tahun ke tahun sangat minim. Pendapatan asli daerah yang naik turun setiap tahunnya tidak menutup kemungkinan mempengaruhi jumlah besarnya anggaran pendapatan belanja daerah. Karena belanja daerah juga memperhitungkan seberapa banyak keperluan daerah untuk memenuhi segala kebutuhannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komponen pendapatan asli daerah yaitu pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, dan lain-lain pendapatan yang sah terhadap anggaran pendapatan belanja daerah.
Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang diambil dari laporan realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah pemerintah Kabupaten Trenggalek selama dua puluh empat bulan dari tahun 2017-2018 dan alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pajak daerah tidak berpengaruh terhadap anggaran pendapatan belanja daerah. Retribusi daerah berpengaruh terhadap anggaran pendapatan belanja daerah. Hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan berpengaruh pada anggaran pendapatan belanja daerah. Lain-lain pendapatan yang sah berpengaruh terhadap anggaran pendapatan belanja daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendaptan Asli Daerah (PAD); Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
300 Social sciences > 350 Public administration > 352 Of local governments
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 18 Nov 2019 02:40
Last Modified: 18 Nov 2019 02:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10207

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics