Analisis realisasi pencapaian target penerimaan pajak hotel terhadap pendapatan asli daerah Kota Semarang

Ahna, Manunal (2019) Analisis realisasi pencapaian target penerimaan pajak hotel terhadap pendapatan asli daerah Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505046007_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505046007_lengkap)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Realisasi Pencapaian Target Penerimaan Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Semarang” Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan pendapatan daerah yang bersumber dari hasil pajak daerah, hasil retribusi Daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah, yang bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada daerah dalam menggali pendanaan dalam pelaksanaan otonomi daerah sebagai perwujudan asas desentralisasi. Di Kota Semarang penerimaan pajak daerah setiap tahunnya selalu tepat dengan target yang ditetapkan. Hal ini merupakan suatu pencapaian yang sangat baik dan harus diapresiasi. Berdasarkan hal tersebut penulis melakukan penelitian dengan rumusan masalah (1) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi realisasi pencapaian target penerimaan pajak hotel terhadap pendapatan asli daerah di Kota semarang (2) Faktor apakah yang memberikan kontribusi paling besar dalam penerimaan pajak daerah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi realisasi pencapaian target penerimaan pajak hotel terhadap pendapatan asli daerah di Kota Semarang. (2) Untuk mengetahui faktor apa yang memberikan kontribusi paling besar dalam penerimaan pajak daerah.
Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dimana tujuannya untuk mengetahui dan menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti. Analisis data bertujuan untuk menyederhanakan hasil olahan data, sehingga mudah dibaca dan diinterprestasikan. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga tahap: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah Faktor-faktor yang berpengaruh dalam peningkatan penerimaan pajak daerah Kota Semarang adalah: Jumlah hotel, Jumlah wisatawan, Tingkat Hunian Kamar. Faktor yang mempengaruhi peningkatan penerimaan pajak daerah Kota Semarang adalah tingkat hunian kamar karena berpengaruh terhadap pencapaian penerimaan pajak hotel dengan banyaknya pengunjung hotel yang menginap karena jangka liburan yang sangat panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penerimaan pajak; Pajak hotel; Pendapatan Asli Daerah (PAD)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
300 Social sciences > 350 Public administration > 352 Of local governments
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 18 Nov 2019 02:42
Last Modified: 03 Jun 2021 07:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10208

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics