Persepsi perempuan pesisir tentang peran ganda : studi kasus di Tambak Lorok Tanjung Mas Semarang

Pradina, Setya (2019) Persepsi perempuan pesisir tentang peran ganda : studi kasus di Tambak Lorok Tanjung Mas Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Sosiologi]
Preview
Text (Sosiologi)
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peran ganda perempuan saat ini menjadi fenomena yang dianggap lumrah pada kalangan masyarakat luas. Peran ganda perempuan tampak di kalangan masyarakat pesisir Tambak Lorok yang sebagian besar masyarakatnya terbagi menjadi tiga profesi, yakni sebagai pedagang sembako, penjual ikan dan buruh pabrik. Peran yang dilakukan perempuan Tambak Lorok meliputi tiga peran diantaranya, peran domestik, peran publik dan peran sosial. Ketiga pembagian peran tersebut dalam pendapat Mosser (1999) diartikan sebagai peran reproduktif, peran produksi, dan peran sosial. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu mengenai bagaimana persepsi perempuan tentang peran ganda perempuan pesisir Tambak Lorok, faktor apa saja yang melatarbelakangi terjadinya peran ganda perempuan, dan bagaimana representasi peran ganda perempuan pesisir Tambak Lorok.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan tujuan untuk menggambarkan fenomena, dan menganalisis fakta lapangan yang dikaitkan dengan teori. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipasi, wawancara mendalam, dokumentasi, kajian pustaka. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis gender.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran ganda perempuan Tambak Lorok merujuk pada minatnya. Terdapat beberapa persepsi mengenai alasan perempuan untuk berperan ganda dalam kesehariannya. Perempuan Tambak Lorok beranggapan bahwa dengan bekerja, mereka dapat membantu perekonomian keluarga sekaligus meringankan beban suami dalam mencari nafkah, dengan tetap memperhatikan peran lainnya. Sebagian perempuan Tambak Lorok beranggapan bahwa dengan ia bekerja dapat memanfaatkan waktu luang sebagai bentuk kesibukan dari aktifitas dalam kesehariannya. Perempuan Tambak Lorok erat kaitannya dengan berbagai peran yang terbentuk pada masyarakat, sehingga muncul perubahan-perubahan yang mengharuskan mereka melakukan peran ganda. Peran ganda perempuan pesisir Tambak Lorok sebagian besar dilakukan perempuan untuk menunjang perekonomian keluarga. Terdapat tiga pembagian peran pada masyarakat pesisir yakni tiga peran diantaranya peran domestik, peran publik dan peran sosial. Perempuan pesisir Tambak Lorok yang berprofesi sebagai buruh pabrik membagi peran keluarga bersama dengan suami, berbeda dengan keluarga yang berlatarbelakang sebagai nelayan pembagian kerja dilakukan sesuai dengan jenis kelamin. Adanya peran ganda perempuan menyebabkan munculnya berbagai persepsi dalam masyarakat pesisir. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perempuan pesisir untuk berperan ganda, diantaraya faktor pendidikan, ekonomi dan budaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Peran ganda; Perempuan pesisir
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government)
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 387 Water, air, space transportation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:11
Last Modified: 29 May 2021 03:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10214

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics