Partisipasi perempuan dalam pemenuhan ekonomi keluarga : studi kasus tentang perempuan pekerja genteng di Industri Genteng Sokka Desa Kedawung Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen

Mubarok, Kasirul (2019) Partisipasi perempuan dalam pemenuhan ekonomi keluarga : studi kasus tentang perempuan pekerja genteng di Industri Genteng Sokka Desa Kedawung Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Sosiologi_1506026062]
Preview
Text (Sosiologi_1506026062)
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat ekonomi keluarga pada masyarakat Desa Kedawung Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Hal tersebut menyebabkan perempuan berpartisipasi bekerja di pabrik Genteng Sokka untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Ada banyak pabrik Genteng Sokka di Desa Kedawung yang pekerjanya adalah laki-laki dan perempuan. Meskipun bekerja di pabrik genteng bukan pekerjaan yang ringan bagi perempuan, namun di Desa Kedawung perempuan bekerja di pabrik genteng sokka tersebut karena untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi ekonomi keluarga perempuan pekerja pabrik Genteng Sokka, bagaimana pemenuhan kebutuhan keluarga yang dilakukan dengan bekerja di pabrik Genteng Sokka dan mengapa perempuan tersebut memutuskan untuk bekerja di pabrik Genteng Sokka.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer berupa data yang didapat langsung oleh penulis dari hasil wawancara dengan informan dalam penelitian ini, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen yang dibutuhkan guna melengkapi data dalam penelitian. Subjek di dalam penelitian ini adalah perempuan yang bekerja di pabrik genteng, suami perempuan yang bekerja di pabrik genteng, pemilik pabrik genteng dan dokumen dari kelurahan Desa Kedawung. Penelitian ini menggunakan analisis gender sebagai kerangka teori. Analisis gender melihat bahwa peran sosial laki-laki dan perempuan dipengaruhi oleh konteks sosial, oleh karena itu peran-peran gender bersifat dinamis, selalu dinegosiasikan dan tidak pernah final.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dengan perempuan bekerja di pabrik Genteng Sokka, keadaan ekonomi keluarga mereka bisa terpenuhi. Penghasilan yang mereka peroleh dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga seperti biaya pendidikan anak, mecukupi kebutuhan dapur dan kebutuhan untuk bermasyarakat. Walaupun perempuan bekerja di pabrik genteng akan tetapi mereka juga tetap dituntut tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga. Mereka tetap melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci, memasak, melayani suami dan mengurus anak. Ada tiga faktor yang menyebabkan perempuan bekerja di pabrik genteng yakni faktor keturunan, lingkungan dan ekonomi. Penelitian ini menegaskan bahwa keterlibatan perempuan dalam peran-peran produktif dipengaruhi oleh situasi ekonomi keluarga. Perubahan peran ini mempengaruhi pola relasi dengan laki-laki atau suami yang ditunjukkan oleh adanya kesepakatan-kesepakatan yang dibuat oleh perempuan dan suaminya menyangkut peran-peran baru mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Partisipasi; perempuan; ekonomi keluarga; Emansipasi Wanita; Pekerja Wanita
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 30 Dec 2019 07:11
Last Modified: 29 May 2021 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10215

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics