Tinjauan hukum pidana Islam terhadap praktek memperkerjakan anak-anak pada kasus Cobek Tajudin : studi putusan Nomor 1608/Pid.Sus/2016/PN.Tng di Pengadilan Negeri Tanggerang

Lahiya, Ilham (2019) Tinjauan hukum pidana Islam terhadap praktek memperkerjakan anak-anak pada kasus Cobek Tajudin : studi putusan Nomor 1608/Pid.Sus/2016/PN.Tng di Pengadilan Negeri Tanggerang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_122211037_lengkap]
Preview
Text (Skripsi_122211037_lengkap)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berbagai kasus terjadi pada anak salah satunya disebabkan karena pengusaha atau pribadi yang mempekerjakan anak, mulai dari kasus Tajudin penjual cobek sampai yang terbaru pabrik petasan yang meledak di Tangerang ternyata banyak mempekerjakan anak yang dilarang undang-undang. Namun putusan pengdilan negeri tanggerang Tajudin bin Tatang Rusmana terbukti melakukan perbuatan mempekerjakan anak, tetapi perbuatan tersebut tidak merupakan suatu tindakan pidana, karena terdakwa membantu taraf ekonomi anak tersebut dan hasilnya untuk orang tua mereka.
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis pertimbangan hukum yang digunakan Majelis Hakim dalam memutuskan perkara hukum kasus cobek Tajudin pada putusan nomor 1608/Pid.Sus/2016/PN.Tng di Pengadilan Negeri Tanggerang. 2) Untuk menganalisis pandangan hukum pidana Islam terhadap pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara hukum kasus cobek Tajudin pada putusan nomor 1608/Pid.Sus/2016/PN.Tng di Pengadilan Negeri Tanggerang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berbentuk deskriptif dokumen dengan pendekatan Yuridis Normatif. Data di peroleh dengan menggunakan metode dokumentasi dan metode kepustakaan. Data yang telah terkumpul kemudian di data dengan metode content analysis dan metode deduktif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pertimbangan Majelis Hakim dalam memutuskan perkara hukum kasus cobek Tajudin pada putusan nomor 1608/Pid.Sus/2016/PN.Tng di Pengadilan Negeri Tanggerang menyatakan terdakwa perbuatan yang didakwakan kepada terdakwa Tajudin Bin Tatang Rusmana terbukti, tetapi perbuatan itu tidak merupakan suatu tindak pidana dan Melepaskan terdakwa dari segala tuduhan karena tidak ada unsur eksploitasi yang dilakukan terdakwa karena saksi Cepi Nurjaman dan saksi Dedi Darmawan tidak merasakan kekerasan fisik maupun psikis dari terdakwa, pekerjaan yang dilakukan saksi adalah sebagai keinginan untuk membantu orang tuanya sebagaimana yang dilakukan oleh anak seudianya di desanya yang rata-rata bekerja membuat cobek dan menjual cobek dan pekerjaan yang dialakukan saksi diketahui dan diijinkan oleh orang tua, keberadaan terdakwa bagi masyarakat di sekitar saksi dan pada khususnya keluarga saksi adalah penolong karena membantu perekonomian keluarga yang terkenal hidup di derah yang terkenal miskin, sehingga bekerja dibawah usia dan putus sekolah sudah menjadi kebiasaan di derah saksi. 2) Menurut hukum pidana Islam, pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara hukum kasus cobek Tajudin pada putusan nomor 1608/Pid.Sus/2016/PN.Tng di Pengadilan Negeri Tanggerang adalah tidak bertentangan, karena penjualan cobek yang dilakukan saksi Cepi Nurjaman dan saksi Dedi Darmawan yang bekerja pada terdakwa Tajudin Bin Tatang Rusmana bukanlah eksploitasi namun adalah bentuk bantuan yang diberikan oleh Tajudin Bin Tatang Rusmana kepada saksi untuk membantu perekonomian keluarga dan hal ini sudah jadi kebiasaan masyarakat sekitar saksi, sehingga ada unsur kemaslahatan yang dilakukan Tajudin Bin Tatang Rusmana, sehingga tidak terjadi adanya ta’zir pada Tajudin Bin Tatang Rusmana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum pidana Islam; Eksploitasi anak; Pekerja anak; Putusan pengadilan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
300 Social sciences > 340 Law > 344 Social, labor, welfare, and related law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 23 Nov 2019 02:51
Last Modified: 23 Nov 2019 02:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10225

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics