Analsisis jual beli akun game online mobile legends : bang bang dalam perspektif hukum Islam dan hukum positif

Ashomad, Hasan Teguh (2019) Analsisis jual beli akun game online mobile legends : bang bang dalam perspektif hukum Islam dan hukum positif. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1402036039]
Preview
Text (Skripsi_1402036039)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jual beli sekarang ini mengalami kemajuan yang pesat, seiring dengan berkembangnya dunia teknologi, media pemasaran jual beli merambah di internet karena dianggap jangkauannya yang lebih luas dan lebih besar. Tak hanya media pemasaran yang berkembang, jual beli sekarang ini juga merambah ke sektor lain yaitu property virtual pada game online. Property virtual yang tidak memiliki wujud dalam dunia nyata, hal menjadikannya sulit diintefikasi oleh panca indar manusia. Pada KUHPerdata property virtual bisa disamakan dengan benda tidak berwujud. Dalam huku Islam sendiri objek seperti dapat dikatakan sebagai benda hak cipta yang disamakan keadannya pada dunia nyata. Jual beli akun game online Mobile Legends: Bang Bang merupakan salah satu kegiatan jual beli yang sering dilakukan oleh para pemain game tersebut. Objek jual beli yang merupakan sebuah akun game online menimbulkan perdebatan apakah akun tersebut merupakan hak milik penjual atau pihak pengembang game online. Dengan demikian dalam transaksi jual beli elektronik ini perlu di tekankan apakah sudah sesuai dengan Hukum Islam dan Hukum Positif.
Berdasarkan dari masalah di atas ada bebrapa permasalahan yang dirumuskan menenai jual beli akun game online Mobile Legends: Bang Bang. Meliputi bagaimana mekanisme jual beli akun game online Mobile Legends: Bang Bang dan bagaimana perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif di Indonesia mengenai jual beli akun game online Mobile Legends: Bang Bang.
Skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) yang dilakukan dalam kenyataan sebenarnya. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data diperoleh memalui observasi, wawancara serta telaah dokumentasi.
Berdasarkan analisi yang telah dilakukan terhadap transaksi jual beli akun game online mobile legends : Bang Bang dapat disimpulkan bahwa, jual beli ini termasuk ke dalam jual beli Salam dimana penjual memberikan pembayaran terlebih dahulu yang kemudian diikuti dengan penyerahan akun Mobile Legends : Bang Bang kepada pembeli. Meknisme jual beli yang umum terjadi biasanya menggunakan dua metode, yakni melakukan transaksi secara privat tanpa adanya pihak lain kecuali penjual dan pembeli, kedua melakukan transaksi yang melibatkan rekber dan/atau pulber sebagai pihak penjamin kemanan. Menurut perspektif hukum islam jual beli tersebut dapat dikatakan telah memenuhi rukun dan syaratnya meskipun tidak menutup kemungkinan adanya penipuan, maka untuk menghindari hal tersebut penjual dan pembeli disaranakn menggunakan jasa rekber dan/atau pulber. Sedangkan menurut perspektif hukum positif, jual beli akun game online Mobile Legends : Bang Bang telah memenuhi unsur-unsur jual beli dan dikatakan sah menurut hukum positif. Akun yang dijadikan objek jual beli menurut hukum kebendaan di samakan sebagai benda tidak berwujud yang kepemilikannnya menjadi hak milik pembuat akun tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Hukum Islam; Hukum positif; Game online
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 005 Computer programming, programs, data
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 02 Dec 2019 08:03
Last Modified: 02 Dec 2019 08:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10253

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics