Anggraeni, Ayu Puspita (2019) Analisis hukum Islam terhadap tanggung jawab kehilangan oleh pengelola parkir : analisis putusan kasasi Mahkamah Agung no: 124 PK/PDT/2007. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1402036038]
Preview
Text (Skripsi_1402036038)
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berbagai peristiwa kehilangan sepeda motor terjadi di tempat parkir dan tidak semua pengelola parkir bertanggung jawab terhadap kehilangan tersebut, sehingga banyak terjadi sengketa akibat peristiwa tersebut, seperti kasus gugatan yang dilakukan oleh Anny R Gultom dan Hontas Tambunan terhadap PT Securindo Packatama Indonesia sebagai pengelola parkir. Kasus tersebut sudah mencapai pada tahap peninjauan kembali yang dilakukan dan menghasilkan putusan dengan nomor 124 PK/Pdt/2007 yang memperkuat keputusan kasasi No 1264k/PDT/2003 yang menenangkan pihak pihak penggugat sehingga pihak tergugat wajib memberikan ganti sebanyak Rp. 137.800.000,- (seratus tiga puluh tujuh juta delapan ratus ribu rupiah) kepada pihak penggugat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pertimbangan hukum yang digunakan Mahkamah Agung dalam putusan No: 124 PK/Pdt/2007?. 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pertimbangan hukum yang digunakan Mahkamah Agung dalam putusan No: 124 PK/Pdt/2007?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Yuridis Normatif, dengan sumber data dari dokumen atau berkas putusan Mahkamah Agung tentang tanggung jawab kehilangan oleh pengelola parkir dan buku, kitab-kitab fiqh dan jurnal yang mempunyai relevansi dengan penelitian ini. Data di peroleh dengan menggunakan metode dokumentasi dan metode kepustakaan. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis data dengan metode analisis dokumen atau content analysis.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pertimbangan hukum yang digunakan Mahkamah Agung dalam putusan No: 124 PK/Pdt/2007 diantaranya klausul atau ketentuan yang tertera dalam karcis parkir maupun pada papan yang terpancang di depan pintu masuk area parkir merupakan perjanjian yang kesepakatannya bercacad hukum karena timbul dari ketidakbebasan pihak yang menerima klausul, Sikap/perbuatan (pasif) dari pegawai dan PT. Securindo Packatama Indonesia dapat dikualifisir sebagai perbuatan melanggar hukum, pegawai/karyawan PT. Securindo Packatama Indonesia selain melanggar kewajiban kepatutan, ketelitian dan kehati-hatian (PATINA), putusan pengadilan tinggi dan banding yang menganggap ada kekhilafan dan kekeliruan yang nyata dari putusan hakim, namun ternyata tidak terdapat kekeliruan maupun kekhilafan yang nyata dari putusan hakim. 2) Tinjauan hukum Islam terhadap pertimbangan hukum yang digunakan Mahkamah Agung dalam putusan No: 124 PK/Pdt/2007 dengan menolak permohonan peninjauan kembali dan menghukum pemohon peninjauan kembali untuk membayar biaya perkara dalam pemeriksaan peninjauan kembali sudah tepat karena melanggar perlindungan konsumen, dalam hukum Islam perkara tersebut termasuk wadi’ah yad al-amanah yaitu titipan yang hanya merupakan amanah semata dan tidak ada kewajiban waddi’ untuk menanggung kerusakan kecuali karena kelalaian yang disengaja dan kehilangan tersebut merupakan unsur kesengajaan yang dilakukan pekerja pengelola parkir dan menurut Fatwa Dewan Syari’ah Nasional Nomor 43/DSN-MUI/VIII/2004 Tentang Ganti Rugi (Ta’wid) menyatakan bahwa kerugian yang benar-benar dialami secara riil oleh para pihak dalam transaksi wajib diganti oleh pihak yang menimbulkan kerugian tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Tanggung jawab; Kehilangan; Pengelola parkir; Putusan Mahkamah Agung
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:03
Last Modified: 04 Dec 2019 08:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10258

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics