Pelaksanaan corporate social responsibility di CV. Safria Desa Bogorejo Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang

ainurrofiq, Ahmad (2019) Pelaksanaan corporate social responsibility di CV. Safria Desa Bogorejo Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1402036118]
Preview
Text (Skripsi_1402036118)
skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

CV. SAFRIA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan umum dan jasa, meliputi pengadaan batu split, pertambangan dan jasa timbang. CV. SAFRIA didirikan untuk menghadapi permintaan pasar akan sumber daya energi baik nasional maupun internasional. Corporate Social Responsibility (CSR) mengandung makna bahwa perusahaan dalam menjalankan bisnisnya tidak hanya mengejar keuntungan semata, tetapi juga memperhatikan kelangsungan hidup, kelestarian alam dan sosial ekonomi masyarakat dimana perusahaan beroperasi. Namun dalam prakteknya pelaksanaan CSR di CV. SAFRIA masih berupa progam dan bantuan yang sifatnya konsumtif. Hal itu dibuktikan dengan belum adanya progam peangembangan masyarakat (Comunity Development) di sekitar daerah perusahaan beroperasi dan juga belum terdapat progam yang bertujan untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan produk yang mereka hasilkan dari operasi perusahaannya. Dari situ penulis tertarik untuk meneliti dengan acuan pokok permasalahan sebagai berikut: 1) Bagaimana praktik pelaksanaan Corporate Social Responsibility di CV. SAFRIA? 2) Bagaimana praktik pelaksanaan Corporate Social Responsibility di CV. SAFRIA dalam prespektif hukum positif dan hukum Islam?
Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif, dengan mengambil bentuk analisis deskriptif, yaitu kegiatan menganalisis dengan cara menyajikan data secara sistematik sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan simpulkan. Sedangkan analisis data dilakukan dengan pendekatan yuridis dan empiris yaitu menggunakan hukum positif dan kaidah-kaidah fikih terkait dengan masalah yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukan bahwa regulasi yang mengatur CSR memang telah membuat CSR tidak hanya menjadi suatu kegiatan yang bersifat sukarela (voluntary), tetapi dengan sendirinya CSR sudah menjadi suatu kewajiban (mandatory) yang harus dilaksanakan oleh perusahaan. Implementasi pelaksanaan CSR di CV. SAFRIA secara umum sudah dilaksanakan tetapi progam yang dilaksanakan belum sesuai dengan ruang lingkup aturan hukum yang berlaku. Dikarenakan progam CSR di CV. SAFRIA sifatnya masih konsumtif dan pengambilan keputusan pelaksanaan bantuan yang tidak melibatkan pihak terkait. Sedangkan menurut pandangan Hukum Islam pelaksanaan CSR di CV. SAFRIA sudah baik dan memberikan manfaat. Hal itu dikarenakan sudah tercapainya beberapa tujuan hukum Islam (Maqashid Syari’ah) baik itu perlindungan terhadap agama (hifzh ad-Din), perlindungan terhadap jiwa (hifzh an-Nafs) dan perlindungan terhadap keturunan (hifzh an-Nasl) melalui progam yang sudah dilaksanakan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility; Tanggung jawab sosial perusahaan; Maqashid syari’ah; Hukum ekonomi syariah
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Occupational ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:31
Last Modified: 04 Dec 2019 08:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10262

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics