Pemanfaatan dan penjualan barang bekas bangunan Masjid Wakaf Roudhotul Muttaqin Desa Klitih Kecamatan Karangtengah Demak : tinjauan maṣlaḥaḥ mursalah

Anwar, Khoiril (2019) Pemanfaatan dan penjualan barang bekas bangunan Masjid Wakaf Roudhotul Muttaqin Desa Klitih Kecamatan Karangtengah Demak : tinjauan maṣlaḥaḥ mursalah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_122111060]
Preview
Text (Skripsi_122111060)
Khoiril Anwar___.122111060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik wakaf di Indonesia, umumnya masih digunakan untuk tempat-tempat ibadah, seperti Masjid, Mushola, Pondok Pesantren, dan Madrasah. Sedangkan penggunaan pemanfaatan untuk peningkatan kesejahteraan umum dalam bidang ekonomi masih sangat minim. Namun, harta atau tempat yang telah diwakafkan tidak selamanya bisa bertahan sebagaimana bentuk asalnya, sehingga butuh perbaikan ataupun perluasan. Hal ini disebabkan adanya faktor kebutuhan meskipun masih tetap dalam tujuan dan fungsi yang sama. Bukan hanya itu, barang bekas wakaf Masjid jika dalam proses perenovasian juga terdapat banyak barang yang mungkin dikira masyarakat tidak berguna lagi sehingga masyarakat berinisiatif untuk memiliki ataupun membeli dan memanfaatkanya. Seperti kayu bekas, beduk atau kentongan dan karpet bekas yang dimanfaatkan oleh musholla, masjid lain. Hal demikian terjadi di Masjid Roudhotul Muttaqin Desa Klitih Kecamatan Karantengah Kabupaten Demak Perubahan bentuk dari harta wakaf ini memang sering kali tidak bisa dielakkan hal ini disebabkan bentuk dari harta wakaf yang telah berlangsung lama sehingga tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat atau memang butuh perbaikan dan perluasan yang terkait dengan pemanfaatan harta wakaf yang berkaitan dengan maṣlaḥaḥ mursalah.
Bagaimana implementasi maṣlaḥah mursalah dalam pemanfaatan kembali dan jual beli barang-barang bekas bangunan Masjid Roudhotul Muttaqin Desa Klitih Kecamatan Karantengah Kabupaten Demak ?
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan atau field research Data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari sumber pertama. Sumber data primer yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah data yang akan diperoleh dari hasil wawancara langsung kepada takmir masjid Roudhotul Muttaqin dan pemanfaat serta pembeli fasilitas masjid tersebut. Sedangkan data sekunder yaitu buku-buku yang ada kaitannya dengan pokok permasalahan di atas. al-Ṣihāh Tāj al-Lughah wa Ṣihāh al-‘Arabiyyah, al-Muṣtasyfa min ‘ilm al-Uṣūl, Ushul al-Fiqh, al-Maḥṣūl, dan data tambahan yang dapat memperkuat data primer.
Praktik pemanfaatan kembali, dan jual beli barang-barang bekas Benda Wakaf yang di alih fungsikan untuk kemaslahatan sosial demikian pula praktik pemanfaatan tersebut juga masih sejalan dengan tujuan dari wakaf itu sendiri, tujuan dari wakaf yaitu untuk kepentingan sosial. Dengan memanfaatkan barang yang tergeletak begitu saja, tidak terawat dan masih layak pakai, kemudian dimanfaatkan kembali untuk kemaslahatan sosial pula, maka masih dalam kategori amal “jariyah”. Penerapan maṣlaḥah mursalah terhadap praktik pemanfaatan kembali barang bekas masjid, yaitu dengan cara melihat bagaimana praktik pemanfaatan-Nya. Praktik pemanfaatan benda wakaf barang bekas masjid, berupa satu buah etalase dan satu buah audio mixer yang dibeli dari Masjid Roudhotul Muttaqin, dan hasil penjualannya di kembalikan lagi untuk kemaslahatan masjid. Praktik pemanfaatannya difungsikan untuk kemaslahatan umat atau sosial dengan cara hibah (bersedekah-amal jariyah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wakaf; Maṣlaḥaḥ Mursalah; Pemanfaatan barang bekas; Masjid wakaf
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:55
Last Modified: 04 Dec 2019 08:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10270

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics