Studi pengelolaan dan pemanfaatan hasil wakaf di Yayasan Walisongo Candi Semarang

Ikho'il Ula, Lisna Zainul (2019) Studi pengelolaan dan pemanfaatan hasil wakaf di Yayasan Walisongo Candi Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1402016002]
Preview
Text (Skripsi_1402016002)
Lisna Zainul Ikho’il Ula__1402016002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nazhir mempunyai tugas melakukan pengadministrasian harta benda wakaf, mengelola dan mengembangkan harta benda wakaf sesuai dengan tujuan, fugsi, dan peruntukannya serta mengawasi dan melindungi harta benda wakaf, melaporkan pelaksanaan tugas kepada Badan wakaf Indonesia. Dalam melaksanakan tugasnya, nazhir harus bisa menjadikan harta benda wakaf menjadi produktif. Yayasan Walisongo Candi Semarang telah terbentuk nazhir dan menerima beberapa harta benda wakaf yang sifatnya produktif. Sedangkan hasil wakaf produktif tidak tepat peruntukan hasilnya.
Dari latar belakang masalah tersebut, penulis merumuskan masalah sebagai berikut : pertama, bagaimana pengelolaan dan pemanfaatan hasil wakaf produktif Yayasan Walisongo Candi Semarang. Kedua, bagaimana analisis pengelolaan dan pemanfaatan hasil wakaf produktif Yayasan Walisongo Candi Semarang terhadap perwakafan.
Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif. yaitu suatu penelitian yang mengritisi dan menafsirkan persoalan sesuai dengan paradigma yang dianut oleh peneliti. Atau prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian hukum normatif empiris. Artinya, penelitian ini adalah penggabungan antara pendekatan hukum normatif dengan adanya penambahan berbagai unsur empiris. Metode penelitian normatif-empiris mengenai implementasi ketentuan hukum normatif (undang-undang) dalam aksinya pada setiap peristiwa hukum tertentu yang terjadi dalam suatu masyarakat.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjnukkan bahwa : pertama,Yayasan Walisongo Candi Semarang telah melaksanakannya tugasnya sebagai nazhir dalam bentuk pengelolaan dan pengawasan, sedangkan untuk peruntukan hasil wakafnya tidak jelas peruntukannya dikarenakan yang mengelola peruntukan bukan dari pengurus,melainkan perwakilan unit pelaksana tugas yang meng cover hasil wakafnya. Nazhir atau Yayasan Walisongo belum sesuai dengan ketentuan undang-undang, dimana peruntukan hasil haruslah sesuai dan belum adanya pelaporan ke pihak BWI. Kedua, implikasi peruntukan hasil wakaf produktif dirasa bermanfaat oleh para unit pelaksana tugas dalam tiga aspek yaoitu : perlindungan hukum, peningkatan harta benda wakaf, dan penataan manajemen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: pengelolaan wakaf; Wakaf produktif
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Ricky Dwi Kurnianto
Date Deposited: 05 Dec 2019 00:27
Last Modified: 05 Dec 2019 00:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10271

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics