Apriatin, Elia (2019) Problem dalam penjagaan aset wakaf : studi di Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1502016098]
Preview
Text (Skripsi_1502016098)
ELIA APRIATIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wakaf merupakan suatu ibadah dimana seseorang, lembaga atau badan hukum memberikan harta yang dimilikinya baik waktu yang ditentukan maupun selama-lamanya untuk kepentingan dan kesejahteran umum. Perkembangan wakaf di Indonesia mengalami beberapa fase yaitu fase tradisional, semi profesional dan modern. Indonesia telah memberlakukan pencatatan hak atas tanah termasuk tanah wakaf dengan dikeluarkannya UU Nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf. Melihat nilai jual tanah yang semakin tahun semakin tinggi nilainya, pemerintah telah memperhatikan permasalahan wakaf supaya tanah wakaf tetap terjaga keberadaanya. Sedangkan pemahaman masyarakat Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas tentang pendaftaran wakaf masih banyak kerancuan. Apabila dalam penjagaan aset wakaf tidak dilakukan secara optimal hal ini dapat berdampak pada penyalahgunan dan penyelewengan dalam perwakafan.
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui problem dalam penjagan aset wakaf dan upaya yang telah dilakukan untuk menyelesaikan problem tersebut.
Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan melalui pendekatan normatif empiris dimana penelitian ini dilakukan langsung dilapangan dan pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan wakaf yang ada di Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas dalam hal penjagaan masih banyak aset wakaf yang belum didaftarkan di PPAIW. Hal tersebut karena masih kurangnya pemahaman masyarakat dan kinerja nadzir yang belum optimal. Nadzir masih bersikap pasif dalam menjalankan tugasnya. Selain itu SDM yang ada di KUA Kecamatan Kemranjen masih kurang sehingga tidak meratanya sosialisasi terkait penjagaan aset wakaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan wakaf; Penjagaan aset wakaf
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 05 Dec 2019 09:33
Last Modified: 05 Dec 2019 09:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10287

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics