Poligami menurut perspektif Muhammad Syahrur : tinjauan maqāṣid al-syarī’ah

Umam, Auly Naimul (2019) Poligami menurut perspektif Muhammad Syahrur : tinjauan maqāṣid al-syarī’ah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502016123]
Preview
Text (Skripsi_1502016123)
Full Fix.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (637kB) | Preview

Abstract

Poligami merupakan satu diantara beberapa syari’at yang diturunkan Allah Subhānahu Wa Ta’ālā kepada Nabi Muhammad Ṣallallāhu ‘Alaihi Wasallam . Dalam QS. al-Nisā’ Ayat 3 terdapat ketentuan batas yaitu minimal satu orang isteri dan empat orang isteri maksimalnya, dengan syarat bisa berlaku adil terhadap isteri-isterinya. Jika seorang laki-laki tidak mampu dan khawatir tidak dapat berlaku adil terhadap isteri-isterinya, maka satu isteri lebih dianjurkan. Bertolak dari permasalahan ini, Muhammad Syahrur berpendapat bahwa laki-laki yang menghendaki poligami harus memenuhi syarat kualitatif yang diajukannya, yakni isteri kedua, ketiga, dan keempat harus seorang janda yang mempunyai tanggungan anak yatim. Namun praktiknya, para laki-laki yang menginginkan poligami sering memilih calon isteri yang lebih muda, lebih cantik, dan masih perawan. Muhammad Syahrur dalam melakukan istinbath hukum menggunakan metode analisis linguistik semantik dan penerapan ilmu eksakta modern kemudian diaplikasikan dalam teori limit (naẓāriyah al-hudūd).
Manusia hidup di dunia tidak lain hanya untuk mencari ridho Allah. Begitupun ketika seorang laki-laki melakukan poligami harus mempunyai tujuan yang pasti, bukan hanya melampiaskan nafsu diri. Tujuan ini dalam istilah arab disebut maqāṣid al- syarī’ah. Maka dari itu dalam penelitian ini akan membahas bagaimana hukum poligami menurut Muhammad Syahrur, dan bagaimana tinjauan maqāṣid al- syarī’ah terhadap poligami menurut perspektif Muhammad Syahrur. Apakah hasil istinbath hukum Syahrur tanpa melakukan tinjauan maqāṣid al- syarī’ah sudah sesuai dengan al-ḍarūriyāt al-khamsah?
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yang bersifat kualitatif, dan menggunakan pendekatan normatif-deskriptif, terkait dengan pemikiran Muhammad Syahrur, poligami, dan maqāṣid al- syarī’ah. Dalam penelitian ini, sumber data diperoleh dari karya-karya Muhammad Syahrur (data sekunder). Adapun teknik pengumpulan data adalah studi pustaka atau naskah yang dianalisis menggunakan metode kualitatif dengan cara menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber. Kemudian setelah dibaca, dipelajari, dan ditelaah, maka perlu dilakukan reduksi data dengan cara merangkum yang inti, setelah itu diabstraksikan dan terakhir melakukan penafsiran data.
Poligami menurut Muhammad Syahrur diperbolehkan, bahkan sangat dianjurkan jika sesuai dengan syarat yang diajukannya. Poligami Muhammad Syahrur jika ditinjau dari kacamata maqāṣid al- syarī’ah telah sesuai dengan tujuan diturunkannya syari’at poligami itu sendiri, yang mengedepankan kemanfaatan dan berusaha menghilangkan kerusakan/mafsadat. Peninjauan maqāṣid al- syarī’ah terhadap poligami Muhammad Syahrur ini telah memenuhi lima unsur kebutuhan primer (al-ḍarūriyāt al-khamsah) berupa hifẓ al-dīn, hifẓ al-nafs, hifẓ al-‘aql, hifẓ al-māl, dan hifẓ al-naṣl. Hal ini perlu ditekankan, bahwasanya pemenuhan al-ḍarūriyāt al-khamsah bukan sekedar upaya defensif setiap individu, melainkan berupa upaya yang seharusnya dilakukan untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dalam beragama, bersosial, berintelektual, dan berbudaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Poligami; Maqāṣid al-Syarī’ah; Muhammad Syahrur
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 05 Dec 2019 09:43
Last Modified: 23 Jul 2021 02:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10290

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics