Uji akurasi Mizwandroid karya Hendro Setyanto

Sidqon, Nur (2019) Uji akurasi Mizwandroid karya Hendro Setyanto. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_122111109]
Preview
Text (Skripsi_122111109)
Skripsi FULL PDF Nur sidqon (122111109).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mizwandroid merupakan aplikasi pencari arah kiblat yang berbasis android. Aplikasi ini menarik karena selain memanfaatkan sensor magnetik kompas perangkat, juga memanfaatkan fitur kamera yang ada pada smartphone, sehingga pengguna bisa langsung mengetahui arah kiblat sesuai dengan keadaan real lingkungan sekitar. Adanya pilihan objek kalibrasi juga menjadi pembeda dengan aplikasi pencari arah kiblat serupa yang biasanya hanya mengandalkan sensor kompas perangkat saja. Pilihan objek kalibrasi ada tiga, kalibrasi menggunakan posisi Matahari, bayangan Matahari, dan kalibrasi menggunakan posisi Bulan. Proses kalibrasi dimaksudkan supaya bisa mendapatkan arah utara benar. Oleh karenanya penulis tertarik ingin meneliti perihal akurasi dari aplikasi ini.
Untuk menjawab latar belakang di atas, penulis merumuskan dua pokok rumusan masalah. 1.) Bagaimana metode dan cara kerja aplikasi Mizwandroid dalam menentukan arah kiblat? 2.) Bagaimana keakuratan arah kiblat yang dihasilkan oleh aplikasi Mizwandroid?
Metode penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif (descriptive research). Penelitian ini juga tergolong penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan melakukan observasi langsung terhadap objek yang dikaji di lapangan. Sumber data primer penelitian ini yaitu aplikasi Mizwandroid versi 2.04, serta hasil wawancara yang dilakukan penulis terhadap Hendro Setyanto. Sedangkan data sekundernya adalah informan terkait dengan profil Hendro Setyanto, Website dari informan serta buku-buku yang terkait dengan materi penelitian ini. Data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif untuk mengetahui akurasinya.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan penting. Pertama, bahwa algoritma perhitungan arah kiblat yang ada di dalam aplikasi Mizwandroid ini berlaku secara universal, sehingga aplikasi Mizwandroid bisa digunakan dimana saja di belahan Bumi ini. Kedua, tingkat akurasi pengukuran arah kiblat sudah cukup akurat, namun tetap ada selisih dengan hasil arah kiblat menggunakan theodolite. Selisihnya ada pada rentang 1˚ ̶ 6˚ jika tanpa menggunakan kalibrasi azimuth, dan 0˚ ̶ 4˚ dengan menyertakan kalibrasi azimuth. Banyak faktor yang membuat hasil arah kiblat yang dihasilkan dari aplikasi Mizwandroid melenceng dari hasil arah kiblat menggunakan theodolite, mulai dari faktor pengguna, proses kalibrasi yang tidak tepat, hingga keadaan lingkungan sekitar. Sehingga dengan adanya selisih perbedaan hingga orde derajat membuat aplikasi mizwandroid tidak cocok untuk dijadikan rujukan utama dalam menentukan arah kiblat semisal untuk keperluan pembanguna masjid maupun musalla. Namun aplikasi ini sangat berguna dipakai dalam keadaan darurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah kiblat; Mizwandroid; Kompas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 05 Dec 2019 09:47
Last Modified: 05 Dec 2019 09:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10291

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics