Pengaruh atmosfer terhadap rukyatul hilal : studi kasus rukyatul hilal di Banyu Urip Senori Tuban

Sakohwati, Siti Rohmah (2019) Pengaruh atmosfer terhadap rukyatul hilal : studi kasus rukyatul hilal di Banyu Urip Senori Tuban. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1402046061]
Preview
Text (Skripsi_1402046061)
skripsi fiull.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Banyu urip adalah salah satu desa yang terletak di bagian paling selatan wilayah Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban,Jawa Timur. Bukit Banyu Urip berada Pada -7° 03'35" LS 111°41'17" BT dengan ketinggian 260 meter di atas permukaan laut. Bukit banyu urip didirikan sebagai tempat pemantuan hilal sejak tahun 2017 yang sebelumnya pemantuan hilal di kabupaten tuban dilaksanakan pelabuhan Semen Gresik, Desa Socorejo, Kecamatan Jenu selalu gagal. Pada masuknya Bulan Ramadan 1438 H / 2017 M, kantor Kemenag Kab Tuban melaksanakan Rukyatul Hilal di bukit Banyu urip, Kecamatan Senori. Penyebabnya adalah faktor cuaca dan atmosfer.
Oleh sebab itu, penulis tertarik untuk mengetahui seberapa
besar pengaruh atmosfer terhadap kegiatan rukyatul hilal. Maka dalam skripsi ini penulis mengambil penelitian yang berjudul “Pengaruh Atmosfer Terhadap Kegiatan Rukyatul Hilal (Studi Kasus Rukyatul Hilal di Banyu Urip Senori Tuban). Dalam penelitian ini, persoalan yang dibahas adalah : 1. Bagaimana Kondisi Atmosfer di Menara Banyu Urip Senori Tuban. 2 Bagaimana Pengaruh Atmosfer terhadap kegiatan rukyatul hilal.
Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian Field Riset. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Sumber data primernya adalah observasi secara langsung dan wawancara dengan pihak yang terkait. Sedangkan dokumen, buku, jurnal penelitian serta artikel yang berkaitan merupakan data sekundernya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Setelah data terkumpul, penulis menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis observatif.
Kondisi atmosfer pada Menara rukyatul hilal Banyu Urip Senori Tuban sangat tinggi. Karena letaknya yang berada di perbukitan sehinga kandungan uap air yang sangat banyak. Keadaan atmosfer ternyata perlu diperhatikan dalam melakukan pengamatan hilal. Karena atmosfer mempunyai pengaruh terhadap cahaya hilal, partikel atau molekul yang terdapat di atmosfer membiaskan cahaya hilal, mengurangi kecerahan cahaya sehingga akan membuat para pengamat kesulitan dalam mengamati ketampakannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Atmosfer; Rukyat hilal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 05 Dec 2019 10:12
Last Modified: 05 Dec 2019 10:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10297

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics